Manajemen bagus streaming lancar

Majalah Intisari - Edisi 642
3 Maret 2016

Majalah Intisari - Edisi 642
Intisari
Netflix resmi masuk ke Indonesia awal Januari 2016. Layanan video streaming ini menawarkan beragam film dengan kualitas HD, bahkan Ultra HD. Selain menayangkan film-film berkualitas dengan banyak ragam, Netflix pun bisa diakses di mana pun, kapan pun, dan hampir lewat medium apa pun. Baik dari telepon pintar, TV pintar, tablet, laptop, atau PC.

Masalahnya, ada beberapa syarat yang membuat layanan Netflix kurang maksimal ditonton melalui jaringan internet berbasis seluler. Pertama, streaming satu film di Netflix rata-rata membutuhkan kuota internet 60 GB. Dari pantauan Kompas Tekno, beberapa operator memang menawarkan paket internet unlimited, namun dengan embel-embel fair usage policy (FUP). Kebijakan ini mencekik akses internet setelah melewati masa pemakaian wajar.

Padahal, syarat lain yang perlu diperhatikan adalah Netflix memiliki batas minimal kecepatan internet agar filmnya bisa ditonton dengan mulus. Tanpa perlu buffering yang membuat adegan berhenti dan tampilnya jam pasir atau lingkaran dengan garis yang berputar-putar. Untuk menampilkan film berdefinisi standar (SD) dibutuhkan kecepatan 3,0 Megabits per second (Mbps), berdefinisi tinggi 5,0 Mbps, dan berdefinisi ultra tinggi 25 Mbps

Dari beberapa operator yang ada, hanya Smartfren yang memenuhi kedua syarat tadi. Paket yang ditawarkan unlimited tanpa FUP dan kecepatan aksesnya rata-rata 49 Mbps karena sudah mendukung teknologi 4G. Hanya saja, ada syarat lain untuk menggunakan layanan Smartfren, yakni menggunakan ponsel Andromax.

Nah, pilihan yang tersisa untuk menonton Netflix dari jaringan internet kabel seperti Speedy, BizNet, atau FirstMedia. Namun, agar streaming lancar, tentu tak asal colok atau log in melalui akses WiFi yang disediakan. Harus ada pengaturan, terlebih akses internet tak hanya digunakan untuk menonton film dari Netflix saja.

Majalah Intisari dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI