Memantau ratusan ribu lampu jalan dengan sekali klik

Majalah Intisari - Edisi 643
1 April 2016

Majalah Intisari - Edisi 643
Intisari
Perkembangan teknologi memang bikin segala urusan jadi lebih praktis. Tidak hanya untuk keperluan personal dan rumah tangga, aksesnya juga memudahkan pemerintah untuk mengurusi lampu jalan. Dengan sistem smart wireless, lampu jalan seluruh kota bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Dinas Perindustrian dan Energi Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta melakukan terobosan dalam memelihara lampu-lampu jalan di wilayah Ibukota. Mulai dari pembangunan, peningkatan kualitas, dan pemeliharaan Penerangan Jalan Umum (PJU). Lampu-lampu itu menerangi jalan arteri, jalan protokol, jalan lingkungan, jalan gang, dan jalan penghubung.

Sekarang ini, ada sekitar 210.000 unit PJU yang tersebar di lima wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu. Terobosan pertama adalah mengganti lampu konvensional yang berwarna kuning dengan lampu hemat energi atau Light Emitting Diode (LED) pada 2012. Lampu LED dapat bertahan selama 50 ribu jam. Dengan pemakaian normal, ini setara dengan 12 tahun. Dua tahun kemudian, 2014, diluncurkanlah PJU Pintar, sebuah sistem cerdas yang mampu mengelola lampu dalam jumlah ratusan ribu tadi. PJU Pintar tengah dikembangkan di beberapa kota besar di Indonesia. Selain Jakarta ada Semarang, Bandung, dan Surabaya. Di belahan lain sistem cerdas ini sudah diterapkan di Milan, Roma, Oslo, dan kota-kota maju lainnya di dunia.

Tergantung internet Sistem PJU Pintar ini merupakan sebuah teknologi nirkabel untuk mengontrol lampu jalan. Pemantauan PJU dapat dilakukan dengan sistem jarak jauh. Secara serentak, lampu PJU dapat dinyalakan dan dipadamkan sesuai jadwalnya. Fungsi manajemen operasional lampu ini terbagi dalam operasi ON/OFF, operasi peredupan, status lampu, dan deteksi malfungsi lampu.

Majalah Intisari dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI