Mengintip gambaran gaji terkini 2016

Majalah Intisari - Edisi 643
1 April 2016

Majalah Intisari - Edisi 643
Intisari
Kira-kira, berapa persen kenaikan gaji Anda di tahun 2016 ini? Jika jumlahnya lebih dari 7%, Anda sudah patut bersyukur. Karena ternyata, rata-rata kenaikan gaji di Indonesia tahun ini kurang begitu menggembirakan. Berdasarkan survei tentang penggajian yang dilakukan Kelly Services Indonesia, rata-rata kenaikan gaji karyawan tahun ini hanya berkisar 7-10%. Angka itu turun dari angka rata-rata tahun 2015 yang mencapai 12%. “Kalau dilihat dari selisihnya memang kecil, tapi kalau bicara secara average, jumlahnya cukup signifikan,” tutur Bernadette Themas, Managing Director Kelly Services Indonesia.

Bukan hanya sekadar naik sedikit, bahkan ada beberapa sektor yang sama sekali tidak mengalami kenaikan gaji. Contohnya yang paling santer terdengar adalah sektor oil and gas (minyak dan gas bumi – migas). Setidaknya dalam dua tahun terakhir, ungkap Bernadette, pekerja di sektor ini cuma bisa gigit jari. Turunnya harga minyak dunia dalam setahun terakhir menjadi penyebab dari kondisi kelam ini.

Meski tidak menikmati kenaikan, namun menurut survei Kelly, gaji para pekerja di sektor migas tetaplah yang terbesar dibandingkan dengan sektor-sektor lain. Besarnya jumlah gaji setiap posisi jabatan di sektor ini rupanya belum mampu dikejar sektorsektor lain.Perusahaan-perusahaan migas umumnya memang hanya melakukan pembekuan kenaikan gaji (salary increment freeze). Sementara untuk mengapresiasi kinerja para pekerjanya, perusahaan tetap memberikan bonus prestasi. “Hanya saja perusahaan sudah mengurangi program-program terkait HR, seperti training, development, dll.” tutur Bernadette yang menangani sejumlah perusahaan migas lokal maupun multinasional.

Majalah Intisari dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI