Tekanan meninggi penglihatan jadi tercuri

Majalah Intisari - Edisi 655
19 April 2017

Majalah Intisari - Edisi 655

Tekanan bola mata normal adalah 10-21 mmHg, kurang atau lebih dari itu efek buruk terasa pada mata. / Foto : afb.org

Intisari
Sama seperti tekanan darah tinggi yang bisa bikin stroke, tekanan bola mata yang tinggi juga bisa mengakibatkan kebutaan. Hal ini menunjukkan bahwa tekanan bola mata memegang pengaruh yang sangat penting terhadap penglihatan. Sama pentingnya dengan bagian-bagian mata lainnya seperti retina, kornea, iris, dll. Namun yang harus diperhatikan, kerusakan yang diakibatkan tidak normalnya tekanan bola mata, tidak bisa disembuhkan total.

Tekanan bola mata terbentuk dalam cairan yang mengisi bola mata. Namanya akuos humor. Cairan ini diproduksi oleh organ dalam mata yang disebut badan siliar. Jika bola mata kita bentuknya hampir bulat, yang berperan adalah cairan itu. Cairan ini juga berfungsi memberi nutrisi kepada jaringanjaringan dalam bola mata.

“Normalnya tekanan bola mata adalah 10-21 mmHg, sehingga kurang atau lebih dari ukuran itu pasti memiliki efek pada mata,” kata dr. Zeiras Eka Djamal, SpM, dari Jakarta Eye Center Kedoya, Jakarta Barat. Kalau tekanan bola mata terlalu rendah atau di bawah 6 mmHg, bola mata yang tadi bentuknya bulat berisi cairan menjadi kempis. Selain itu, rendahnya tekanan bola mata juga bisa menyebabkan lepasnya saraf-saraf yang menempel di mata.

Majalah Intisari dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI