Berkereta api di antara ribuan manusia di India Utara

Majalah Intisari - Edisi 656
31 Mei 2017

Majalah Intisari - Edisi 656

Jalur kereta api India adalah salah satu yang terbesar dan terumit di dunia. Diperkirakan, menurut data tahun 2013, sebanyak 12.617 kereta melintasi rel kereta di penjuru India mengangkut 8,421 triliun penumpang. Sebuah angka yang fantastis. / Foto : Indiarailonline.com

Intisari
Sistem kereta di India juga dibagi-bagi, ada kelas ekonomi yang sangat murah, ada juga kereta wisata mewah khusus wisatawan asing yang harga tiketnya selangit. tipe kereta juga dibedakan bergantung kebutuhan, ada kereta jarak jauh yang dilengkapi bale tidur, ada juga kereta jarak sedang dengan tempat duduk biasa.Ketika berkunjung ke Uttar Pradesh, negara bagian di utara India, saya mencoba kereta siang dan malam.

Agak sulit membandingkan sistem kereta di sana dengan di Indonesia, karena untuk kereta jarak jauh Indonesia belum memiliki kompartemen tidur. Setelah menempuh perjalanan di tengah kepadatan lalu lintas Kota Varanasi, akhirnya saya sampai di stasiun kereta api setempat. Dari kota suci ini, saya memang bermaksud melanjutkan perjalanan ke Lucknow, Ibu Kota negara bagian Uttar Pradesh. Seperti di kota-kota besar lain di India, banyak manusia terlihat di halaman stasiun yang bercorak arsitektur kuil India itu. Stasiun tampak kusam, kurang terawat, dan kotor.

Ada sembilan peron yang terhubung dengan jembatan. Beberapa peron sedang diperbaiki sehingga material bangunan terlihat menumpuk. Banyak rombongan penumpang berdiri sedang mengantre di peron yang berserakan sampah, sementara kuli angkut lalu-lalang memanggul barang bawaan besar. Suasana tampak cukup sibuk, maklum saja stasiun Varanasi ini dilalui 240 kereta per harinya.

Majalah Intisari dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI