Tanaman liar penguat satpam tubuh

Majalah Intisari - Edisi 660
12 September 2017

Majalah Intisari - Edisi 660

Selain bermanfaat meningkatkan sistem imun, menurut sejumlah penelitian, meniran juga punya sederet manfaat lain.

Intisari
Mirip fungsi tenaga satpam, tubuh kita juga punya aparat yang selalu bersiaga terhadap ancaman. Namanya sistem kekebalan atau imunitas tubuh (sistem imun). Sayangnya, dalam kondisi tertentu “satpam” dengan kesiagaan 24 jam itu bisa loyo atau malah pingsan sama sekali. Untuk mengembalikannya ke kondisi siaga, ada bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan.

Salah satu bahan alami yang terkenal manjur untuk meningkatkan “kesaktian” sistem imun adalah meniran. Sebagian orang mungkin sudah pernah melihat meniran atau Phyllanthus niruri L. Sebab ia sering kali tumbuh liar di berbagai tempat di kawasan tropis seperti Indonesia. Batangnya tegak setinggi kira-kira 50 cm dan memiliki daun menyirip berbentuk lonjong.

Herba ini mengandung bermacam- macam zat kimia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, seperti filantin dan hipofilantin. Keduanya bermanfaat untuk melindungi sel hati dari berbagai ancaman zat toksik. Rasanya memang agak pahit, tapi terasa sejuk dan memiiiki sifat astringen (mengecilkan pori-pori). Di samping itu meniran juga berfungsi sebagai peluruh air seni (diuretik) dan penurun panas.

DR. Raymond R. Tjandrawinata, Ph.D., MS, MBA seperi dilansir dari Nakita mengungkapkan, meniran sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun. Dengan sistem imun yang baik, maka mekanisme pertahanan tubuh dalam melawan bakteri, virus, kuman, jamur, dan racun menjadi lebih efektif.

Bahkan dr. Zakiudin Munasir, Sp.AK, ahli pediatrik imunologi dari Bagian Anak RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, telah melakukan penelitian dan membuktikan bahwa ekstrak meniran memang membantu meningkatkan kecepatan penurunan demam pada anak penderita infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA. Cara memanfaatkan meniran bisa dengan dua cara.

Majalah Intisari dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI