Mengurangi kesempatan mengarungi perubahan, bersiaplah!

Majalah Intisari - Edisi 667
27 April 2018

Majalah Intisari - Edisi 667

Dengan berkembangnya sistem teknologi informasi, pendidikan jarak jauh membuka peluang bagi kita untuk mengisi diri. / Foto : 123RF_ Maksym Yemelyanov

Intisari
Bersiaplah menyambut bonus demografi! Ya, menurut data perkiraan Badan Pusat Statistik (BPS) dan analisisis Badan Kependudukan, lonjakan kenaikan angka penduduk usia produktif akan terjadi pada tahun 2025-2035. Artinya hampir 70% penduduk Indonesia diprediksi memiliki semangat kerja yang tinggi, lebih dari tahuntahun sebelumnya.

Diharapkan pada tahun-tahun ini, talentatalenta Indonesia semakin bersinar, asalkan kita siap untuk mengelola kesempatan ini dengan baik. Kesanggupan kita untuk menyambut bonus demografi ini tergantung bagaimana manusia Indonesia menyikapi berbagai perubahan zaman dan tantangan global.

Jangan sampai, tatanan kehidupan modern semakin berubah cepat, namun orang-orangnya lambat untuk bertindak. Setidaknya, kita harus bersiap agar bonus demografi tidak menjadi beban kelak. Kadangkala, kita bertanya-tanya, siapkah orang-orang Indonesia menyambut berbagai perubahan baik dari dalam negeri maupun luar negeri?

Jika Anda mengingat pidato Mochtar Lubis mengenai Manusia Indonesia pada 1977, dipaparkan bahwa enam sifat manusia Indonesia sebagai berikut: munafik atau hipokrit, enggan dan segan bertanggung jawab atas perbuatannya, bersikap dan berperilaku feodal, percaya takhayul, artistik dan berbakat seni, lemah watak dan karakternya.

Majalah Intisari dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI