Jebakan citra tubuh

Majalah Intisari - Edisi 668
24 Mei 2018

Majalah Intisari - Edisi 668

Punya teman yang sering merasa tidak “pede” dengan bentuk tubuhnya sendiri? / Foto : v.ivash _ Freepik

Intisari
Punya teman yang sering merasa tidak “pede” dengan bentuk tubuhnya sendiri? Atau selalu memimpikan memiliki bentuk tubuh seperti aktor tertentu? Atau mungkin Anda yang justru mengalami hal tersebut? Bisa saja. Citra tubuh negatif bukanlah hal yang langka untuk dijumpai di masyarakat urban.

Akan tetapi sebelum kita bahas lebih dalam, sebenarnya apa itu citra tubuh atau body image? Citra tubuh adalah suatu penggabungan dari persepsi, pikiran, dan perasaan seseorang tentang tubuh. Sederhananya, citra tubuh dapat dianggap sebagai gambaran saat seseorang melihat dan membayangkan diri sendiri.

Faktor sosial dan budaya sangatlah menentukan konsep tubuh ideal yang dianut masyarakat. Setiap kelompok masyarakat memiliki standar nilai yang berbeda untuk menentukan apa yang disebut bagus atau tidak, serta menarik atau tidak.

Masing-masing individu, baik secara sadar maupun tidak, berkeinginan untuk memenuhi standar-standar tubuh yang berlaku dalam lingkungan sosialnya. Karena adanya standar ganda tersebut, maka hal ini dapat menyebabkan masalah yaitu citra tubuh negatif.

Masalah dengan citra tubuh negatif dapat dibagi menjadi dua, yaitu ketidakpuasan dan distorsi. Ketidakpuasan berarti tidak menyukai keseluruhan atau beberapa bagian dari tubuh. Distorsi berarti kita merasa tubuh kita berbeda dari apa yang berlaku di masyarakat.

Majalah Intisari dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI