Cerdas memilih informasi kesehatan lewat internet

Majalah Intisari - Edisi 669
10 Juli 2018

Majalah Intisari - Edisi 669

Saat ini kita begitu mudah mendapat beragam informasi kesehatan melalui situs dan aplikasi di internet. / Foto : AndreyPopov_ThinkstockPhotos

Intisari
Saat ini kita begitu mudah mendapat beragam informasi kesehatan melalui situs dan aplikasi di internet. Namun Anda juga perlu berhatihati, apakah informasi tersebut benar-benar bisa dipertanggungjawabkan. Bagaimana kita mengenali sumber informasi yang kredibel?

Aries, 37 tahun, dalam dua pekan terakhir ini rajin membuka aplikasi kesehatan melalui telepon pintarnya. Hampir setiap hari dia melahap info-info medis terbaru melalui gadget saat di perjalanan maupun di sela-sela kesibukan di kantornya.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan swasta itu mengakui keakrabannya dengan berita-berita kesehatan, karena ingin lebih tahu tentang salah satu bagian tubuhnya yang dirasa kurang nyaman. Sementara untuk berkonsultasi ke dokter dia merasa malu, karena bagian tubuhnya yang kurang nyaman itu termasuk area sensitif. “Ini ada benjolan seperti bisul kecil di dubur, malu kan kalau ke dokter,” ujarnya.

Dari hasil berselancar di internet, Aries menduga kalau dirinya menderita wasir atau ambeien. Namun, itu hanya sebatas dugaannya. Dia pun tidak terlalu puas dengan hasil pencariannya itu. Makanya, dia terus-terusan mengeksplor apapun terkait keluhannya dari berbagai sumber di internet.

Aries diyakini bukan satusatunya orang yang sering membuka artikel kesehatan melalui telepon seluler. Di era internet seperti saat ini, kemunculan berbagai informasi melalui platform digital semakin memudahkan orang meng-update isu-isu kesehatan.

Apalagi dengan infrastruktur internet yang semakin baik, masyarakat bisa mengakses berita kapanpun dan di manapun sesuai keinginan. Kondisi inilah yang kemudian memunculkan banyak perusahan rintisan(startup) yang meluncurkan platform digital di bidang kesehatan. Sebut saja Klikdokter, Alodokter, DokterDigital, Dokter.ID, Mediku dan masih banyak lagi.

Majalah Intisari dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI