Sukses tencent membangun ekosistem digital

Majalah Intisari - Edisi 670
10 Juli 2018

Majalah Intisari - Edisi 670

Tencent menjadi raksasa bisnis internet di Tiongkok. / Foto : Daniel Metz - pexels.com

Intisari
Ya, deretan game-game tersebut hanyalah sedikit dari permainan yang dibuat oleh unit bisnis Tencent. Di Tiongkok, negara asalnya, Tencent merupakan perusahaan internet raksasa yang bisnisnya menggurita. Tidak hanya menghasilkan game, tetapi juga memiliki aplikasi pesan WeChat yang mayoritas digunakan oleh pengguna ponsel pintar di Negeri Panda. Di kalangan masyarakat Tiongkok, WeChat menjadi solusi pintar karena fi tur-fi tur lainnya yang bisa mendukung aktivitas seharihari.

Selain berkirim pesan, peng - guna WeChat juga bisa berbagi update status, transfer uang, top up saldo ponsel, pesan tiket bioskop, makanan, bahkan memesan laundry dan merancang investasi. Semua layanan tersebut memudahkan masyarakat yang ada dalam jaringan WeChat yang tersebar di seluruh Tiongkok. Dikutip techinasia.com, pada Mei 2017, lebih dari setengah pengguna WeChat menghabiskan waktu rata-rata 90 menit per hari untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Tiongkok yang mendunia. Manfaat lain WeChat dirasakan olah para pelaku usaha pemula berbasis internet. Seperti diakui Chen Colin, 41, yang mengembangkan aplikasi belajar mengajar di Beijing. “Saat kami mengembangkan aplikasi, kami akan membiarkan pengguna mendaftar menggunakan WeChat, sehingga pengguna dapat mendaftar dengan cepat tanpa melalui kerumitan pendaftaran,” ujar Chen seperti dikutip TechNode.com.

Bagi pelaku usaha seperti Chen, mereka juga dengan mudah bisa memanfaatkan fitur WeChat Official Accounts, yang mirip seperti fitur Facebook Pages yang lazim digunakan perusahaan-perusahaan sebaagai media promosinya. Lebih jauh lagi, fitur WeChat Official Acount ini bisa membuat interaksi dengan follower-nya sehingga lebih dekat ke konsumen.

Majalah Intisari dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI