Do & don't

Majalah Intisari - Edisi 682
5 Juli 2019

Majalah Intisari - Edisi 682

makan sehat

Intisari
Do
1. Sarapan dengan “cepat dan praktis” Sarapan dapat dianggap sebagai makan paling penting di hari itu. Tapi banyak orang melewatkan karena alasan waktu. Sebenarnya ada banyak ragam sarapan cepat dan sehat. Buah segar, sereal, havermut adalah beberapa contoh.

2. Makan lemak Tak semua lemak jahat. Beberapa penting dalam penurunan berat badan. Salah satunya lemak omega-3. Di tubuh omega- 3 digunakan untuk menjaga ketangguhan dan fungsi 75 triliun sel membran tubuh; juga mengakti”kan leptin, hormon yang membantu menekan nafsu makan dan membuat perasaan kenyang lebih lama.

3. Lawan lemak di malam hari Kesibukan kerja kadang membuat makan malam jadi dekat waktunya dengan kita tidur. Padahal saat malam metabolisme melambat sehingga kalori yang kita konsumsi disimpan sebagai lemak.

4. Ganti dengan yang lebih sehat Diet terkadang harus melupakan makanan kesayangan. Namun, itu bisa diganti dengan yang lebih menyehatkan. Mentega misalnya, bisa diganti dengan minyak zaitun yang disimpan di lemari es terlebih dahulu.

5. Cerdaslah saat makan di luar Salah satu tantangan diet adalah makan di restoran. Untuk itu perlu kecerdasan kuliner sehingga diet kita aman. Misalnya hindari makanan prasmanan, makanlah sesuai kebutuhan, ganti kentang goreng dengan salad atau buah, atau gunakan minyak zaitun ketimbang mentega.

Don't
1. Jangan sampai kelaparan Penelitian menunjukkan diet lapar memang menurunkan berat badan, tapi bukan lemak yang berkurang tapi otot. Padahal otot adalah tungku metabolism tubuh. Kehilangan otot merusak metabolism tubuh.

2. Jangan abaikan minum Dehidrasi bisa melambatkan metabolisme.

3. Jangan makan jika tidak lapar Terkadang kita makan terlalu banyak karena sudah tersedia makanan. Solusinya, belilah dalam porsi kecil atau ambil secukupnya.

4. Jangan terlalu banyak makan lemak jenuh Lemak jenuh termasuk lemak jahat. Banyak ditemukan dalam produk hewani seperti daging sapi, susu, dan keju. Akali dengan memilih produk rendah lemak dan perhatikan porsinya.

Majalah Intisari dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI