Tampilkan di aplikasi

Olahraga bisa menyehatkan atau menyakitkan

Majalah Intisari - Edisi 684
30 Agustus 2019

Majalah Intisari - Edisi 684

marathon

Intisari
Aktor Chicco Jerikho belakangan tampak wara- wiri mengikuti berbagai ajang maraton. Alasannya, sebagai bentuk misi sosial. Tahun 2018 lalu, Chicco mengikuti London Marathon 42 KM sebagai bentuk kepedulian terhadap ekosistem gajah di Indonesia.

Menjadi lari maraton pertamanya, Chicco malah mengalami cedera. Jelang terbang ke London, Chicco mengalami kecelakaan motor. Selain itu, ia tak banyak punya waktu latihan. “Latihan cuma 1 bulan, padahal harusnya 3-4 bulan. Jadi otot kaget dan cedera,” ujar bintang Filosofi Kopi tersebut.

Tahun ini, Chicco berencana ikut New York Marathon 42 KM demi menggalang dana untuk mendirikan rumah singgah bagi pasien anak dan orangtua yang sedang berobat di Denpasar, Bali. Kali ini, Chicco melakukan persiapan yang lebih matang.

Ia rutin latihan dan menjaga nutrisi. “Sudah pelan-pelan latihan untuk meminimalisir cedera. Berlari dengan teknik yang benar tanpa cedera, finish, bisa happy,” katanya. Animo lari maraton di Indonesia barangkali sedang naik-naiknya. Berbagai ajang lomba lari maraton digelar oleh pemerintah ataupun swasta. Pelarinya pun dari berbagai kalangan, entah sungguh-sungguh atau hanya untuk mengisi konten media sosial.

Padahal, olahraga semacam lari maraton punya risiko serius. Cedera ringan hingga berat mengintai bila tidak hati-hati. Beberapa orang bahkan dikabarkan meninggal dunia ketika sedang berlari maraton maupun setelahnya. Dua orang dilaporkan meninggal saat mengikuti Surabaya Marathon 10 KM pada awal Agustus 2019.

Keduanya terjatuh di tengah perjalanan dan segera dilarikan ke rumah sakit. Diduga, riwayat penyakit jantung menjadi penyebab kematian salah satu peserta sedangkan yang lain tidak terjelaskan. “Memang tidak semua kasus, tetapi kebanyakan (kematian) karena heat stroke atau cedera panas. Padahal penanggulangannya gampang, yakni segera dinginkan, ungkap dr. Vera Tanu Darmidy, Sp.KO dari Medifit, Jakarta.
Majalah Intisari di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI