Tampilkan di aplikasi

Metamorfosis Waskita menuju excellent

Majalah ISAFETY - Edisi 02/2019
22 Maret 2019

Majalah ISAFETY - Edisi 02/2019

“Safety…..Yes…,” “Accident…..No…” kini terasa semakin gencar dan massif dipekikkan para pekerja PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

ISAFETY
“Safety…..Yes…,” “Accident…..No…” kini terasa semakin gencar dan massif dipekikkan para pekerja PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Sambil mengepalkan tangan kanan ke atas, pekikan itu acap diakhiri dengan “Waskita…..” yang langsung dijawab para peserta dengan teriakan “….Juara…” Gaungnya begitu menggema dan membahana di seantero Waskita Karya. Mulai dari ruang berpenyejuk ruangan pada acara-acara bersifat seremonial yang dihadiri para petinggi Waskita Karya, lokasi proyek yang panasnya minta ampun di siang hari dan dihadiri para pekerja ‘kasar’ di lapangan, hingga di ketinggian proyek pembangunan jalan layang (elevated) pada tengah malam ketika hendak dilakukan pekerjaan pemasangan girder.

Usai pekikan itu acara selalu diakhiri dengan doa bersama. Pekikan dan doa bersama yang dilakukan sebelum mulai melakukan suatu pekerjaan itu merupakan sebuah harapan sekaligus doa agar terhindar dari segala marabahaya yang berpotensi terjadi selama menjalani pekerjaan yang akan dilakukannya di proyek konstruksi. Kontruksi memang merupakan bidang pekerjaan yang memiliki tingkat risiko bahaya tinggi (high risk). Aneka kecelakaan kerja yang kerap berakhir dengan kematian, terus terjadi di sektor konstruksi sehingga membuat konstruksi menjadi sektor industri penyumbang kedua terbesar dalam hal angka kecelakaan kerja yang terjadi di Indonesia saban tahunnya.

Masa kelam. Kecelakaan kerja tak hanya menimbulkan duka berkepanjangan bagi keluarga korban yang ditinggalkan (yang pada gilirannya akan menambah angka kemiskinan), tetapi juga mengancam keberlangsungan bisnis suatu perusahaan. Bahkan bisa mengakibatkan sebuah perusahaan gulung tikar. Kasus semburan lumpur panas di Sidoarjo, Jawa Timur yang mengakibatkan PT Lapindo Brantas (perusahaan tambang milik keluarga konglomerat Aburizal Bakrie) mengalami kebangkrutan, menjadi bukti betapa dahsyatnya dampak yang bisa ditimbulkan dari suatu kecelakaan kerja.
Majalah ISAFETY di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI