Tampilkan di aplikasi

Minimalkan rsiko bencana melalui program SPAB

Majalah Jendela - Edisi 28/November 2018
7 Desember 2018

Majalah Jendela - Edisi 28/November 2018

Secara geografis, wilayah Indonesia rentan terkena bencana alam. Saat bencana terjadi, tidak hanya masyarakat yang menjadi korban.

Jendela
Aki batnya sek tor perekonomian dan pendidikan terganggu, bahkan lumpuh dalam kurun waktu tertentu. Dampak bencana di sektor pendidikan sebenarnya dapat diminimalkan, salah satunya melalui penerapan satuan pendidikan aman bencana (SPAB).

Berdasarkan hasil pemetaan bencana yang dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Bank Dunia, ternyata sekitar 75 persen sekolah-sekolah di Indonesia teridentifikasikan berada di kawasan berisiko bencana seperti gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, banjir, tanah longsor, dan lainnya. Menurut penelitian ini juga, frekuensi dari terjadinya bencana tersebut terus meningkat, serta banyak memakan korban dan merusak bangunan termasuk gedung-gedung sekolah.

Sejak tragedi gempa dan tsunami di Aceh pada 2004 hingga bencana alam yang sama di Sulawesi Tengah pada 2018, diperkirakan hampir 50 ribu satuan pendidikan terdampak bencana. Sebagian besar di antaranya dalam kondisi rusak berat, sehingga memerlukan rehabilitasi maupun pembangunan unit sekolah baru yang membutuhkan waktu dalam pengerjaannya.

Sekolah yang rentan terhadap bencana tidak saja meningkatkan risiko keamanan terhadap peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan lain, namun juga dapat mempengaruhi keberlangsungan proses belajar mengajar di sekolah tersebut.

Oleh karena itu, sekolah-sekolah yang terletak di daerah rawan bencana perlu dibekali dengan kesiapsiagaan bencana, baik dari segi pengetahuan bencana dalam mata pelajaran, simulasi evakuasi, dan juga dari segi struktur bangunan sekolah untuk mengurangi risiko bencana tersebut.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI