Tampilkan di aplikasi

Pemerataan kesejahteraan untuk semua lapisan masyarakat melalui kemajuan budaya

Majalah Jendela - Edisi 38/Oktober 2019
8 November 2019

Majalah Jendela - Edisi 38/Oktober 2019

Di tengah semaraknya Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang mengangkat tema “Indonesia Bahagia”, diselenggarakan pula International Forum for the Advancement of Culture (IFAC), sebuah forum internasional yang bersifat people-to-people.

Jendela
IFAC adalah sebuah platform kolaborasi antarmasyarakat di seluruh dunia untuk memperkuat upaya global dalam pengarusutamaan budaya dengan penekanan khusus pada dampak kebudayaan terhadap kesejahteraan.

IFAC dilatarbelakangi oleh World Culture Forum (WCF) yang dirancang sebagai platform antarpemerintah di seluruh dunia untuk menetapkan agenda pengarusutamaan budaya pada proses pembuatan kebijakan di seluruh negara.

Walau WCF telah dicanangkan, muncul kebutuhan akan jaringan internasional yang didasari pada interaksi antarmasyarakat. Oleh karena itu IFAC digagas berdasarkan pada interaksi antarmasyarakat yang dapat memelopori agenda organik baru pengarusutamaan budaya dari bawah.

IFAC dirancang untuk menghasilkan keberagaman pandangan dan agenda bersama tentang pengarusutamaan budaya,dengan penekanan khusus pada dampak kebudayaan terhadap kesejahteraan. IFAC didasarkan pada gagasan bahwa pengarusutamaan budaya memerlukan inisiatif masyarakat untuk memajukan ekspresi budaya mereka.

Hal ini merupakan peran masyarakat untuk memperkaya budaya di luar batas, sedangkan peran pemerintah adalah untuk mengarusutamakan budaya di semua sektor pembuatan kebijakan.

IFAC diselenggarakan dengan harapan bahwa agar budaya menjadi pendorong dan penggerak pembangunan berkelanjutan, masyarakat harus memberdayakan budaya mereka untuk menyelesaikan tantangan nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI