Tampilkan di aplikasi

Falintil Day Speed off-Road 2017, adrenalin khas Timor Timur

Majalah JIP - Edisi 186
12 Oktober 2017

Majalah JIP - Edisi 186

Meski terhitung baru dalam menyelenggarakan ajang speed off -road, namun event Falintil Day Speed Offroad terhitung sukses dalam menyajikan event speed off-road ala Timor Leste. Trek cukup menantang dengan disuguhi berbagai handicap yang cukup menguras tenaga dan mental peserta. / Foto : Astari Luciana

JIP
Falintil Day Speed Offroad berlangsung tanggal 26-27 Agustus 2017 di Tibar, kota Dili. Event ini diselenggarakan demi memperingati hari ulang tahun Falintil ke 42. Falintil sendiri yang merupakan Angkatan Bersenjata Timor Leste yang juga populer dengan singkatan F-FDTL yang merupakan singkatan dari Falintil Forca Defesa Timor Leste. F-FDTL di bentuk pada tanggal 20 Agustus tahun 1975. Tahun ini untuk pertama kalinya F-FDTL mengadakan kompetisi off-road.

Antusiasmenya pun cukup diacungi jempol. Event Organizer acara tersebut adalah TAC (Timorense Automotive Club) salah satu klub otomotif di Timor Leste. Acara ini sangat diminati terlihat dengan jumlah peserta yang mengikuti pertandingan dan sponsor yang membantu hingga terselenggaranya acara tersebut. Falintil Day Speed Off-road membuka empat kelas, yakni kelas UTV special yang diikuti oleh 6 UTV buatan Can Am, kelas dengan kapasitas mesin 1.000 – 1.600 cc, 1.601 – 3.000 cc dan yang terakhir kelas puncak, yakni mobil dengan kapasitas mesin 4.001 – 4.600 cc/5.000 cc.

Menariknya, pada ajang ini diikuti juga oleh dua off-roader wanita, salah satunya Ivanka Arauju yang menginjak usia 21 tahun. “Bagi saya yang menyukai tantangan hal ini pastinya menjadi satu jenis kegiatan yang memberikan sensasi yang menarik, karena memacu adrenalin dengan bercengkerama di jalanan yang curam, berlubang hingga menembus genangan air lumpur dengan menggunakan UTV Can Am berkapasitas 1.100 cc,” ujar Ivanka. Walaupun sempat mengalami kecelakan hingga dua kali sehingga tak bisa membuatnya finish, namun Ivanka tetap mampu melanjutkan perlombaan dengan memberikan perlawanan terbaik.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI