Tampilkan di aplikasi

Bikin lumpur melorot

Majalah JIP - Edisi 186
12 Oktober 2017

Majalah JIP - Edisi 186

Cara gampang untuk membersihkan lumpur lengket di kolong mobil setelah off-road. / Foto : Dok. JIP

JIP
Kondisi yang cukup menguras keringat dan waktu adalah saat pasca off-road, dimana kita harus membersihkan kendaraan. Apalagi kalau masuk ke dalam trek yang penuh dengan jalur lumpur. Dijamin, lumpur bakal masuk kesela-sela yang sulit dijangkau, terutama bagian kolong. Terlebih kalau mobil sudah berhari-hari dipakai off-road. Bikin lumpur melorot, lumpur pasti akan berkerak, dan sudah pasti akan bersarang dibagian kolong mobil.

Bersihkannya pun bakal sulit dan akan makan waktu lama, selain itu akan meninggalkan flek. Untuk mengatasi ini, Vinan Sitompul dari bengkel Garage Ch.07 Autocars punya tips jitu. “Caranya mudah, dan terhitung murah meriah. Modalnya kita hanya butuh sprayer dan solar,” ucap Vinan. Kandungan minyak pada solar inilah yang membuat lumpur jadi ogah nempel. “Memang waktu offroad kolong mobil tetap akan kotor dan penuh lumpur. Tapi, lumpur ini tidak melekat langsung pada sasis, jadi mudah dibersihkan,” ucap pria yang gemar menyalonkan kendaraan off-road-nya.

Caranya pun mudah menurut Vinan, yang penting dilakukan sebelum off-road. Saat kolong mobil kita masih dalam kondisi bersih, lumuri dulu dengan solar sebelum lumpur. “Saat kolong mobil masih bersih, semprotkan hampir seluruh bagian kolong dengan solar pakai alat sprayer,” ucapnya. Kalau tidak punya alat sprayer yang disemprot menggunakan tekanan angin dari mesin kompresor, bisa pakai alat sprayer tanaman. Hanya saja kita perlu hindari bagian karet, saat menyemprot kolong mobil dengan solar.

“Untuk mempersingkat umur karet-karet di kolong mobil, sebaiknya hindari penyemprotan di area kolong yang ada karetnya,” ucap Vinan. Yang paling penting, hindari karet pada anting per atau body mounting. Dijamin, usai off-road kolong mobil akan lebih dibersihkan dari lumpur. “Cukup disemprot dengan air bertekanan tinggi, lumpur langsung berjatuhan dan kolong langsung kembali bersih,” tutup Vinan.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI