Full-sized UTV

Majalah JIP - Edisi 201
7 Januari 2019

Majalah JIP - Edisi 201

Ketika pick-up berkolaborasi dengan UTV.

JIP
Bagaimana jika Honda menggabungkan antara pick-up dan sebuah UTV? Maka lahirlah Honda Rugged. Kendaraan 4x4 yang bernama lengkap Honda Rugged Open Air Vehicle Concept ini pertama kali diperkenalkan pada ajang SEMA 2018 lalu. Meski masih sebatas konsep, namun tampaknya American Honda Motor Co. serius dalam mengembangkan Rugged hingga siap masuk jalur produksi.

Rugged mengawinkan antara Ridgeline, full-sized pick-up andalan Honda untuk pasar Amerika, dengan UTV paling populer buatan Honda, Pioneer 1000. Bisa dibilang, Rugged menggunakan sebagian besar platform Ridgeline, mulai dari sasis, suspensi, mesin hingga penggerak AWD-nya. Namun dari desain body, bak belakang dan interior, terinspirasi dari Pioneer 1000.

Rugged menggunakan mesin V6 berkapasitas 3.500 cc bertenaga 280 hp dan torsi 355 Nm. Hal yang sama dengan transmisinya, Rugged menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan dari Ridgeline. Sementara dari desain, Rugged mendapatkan desain yang radikal, terlebih bagian badan yang dibuka, hanya menyisakan rangka besi layaknya UTV. Pada bagian wajah, Rugged terlihat jelas sangat terinspirasi dari Pioneer 1000. Hal tersebut dapat terlihat dari kap mesin, lampu depan LED hingga bumper depan yang semuanya menganut desain tajam dan agresif.

Lantaran untuk keperluan off-road, Rugged menggunakan pipa tubular untuk roll cage dan front & rear guard. Pelindung juga di tambah dengan material alumunium di bagian gril bawah untuk membantu mobil ketika harus berhadapan dengan medan berat saat off-road. Sesuai dengan nama ‘Open Air’, Rugged menganut konstruksi atap terbuka layaknya ATV. Keempat pintu juga didesain dengan konsep open air, yakni minus jendela dan diganti dengan jaring pengaman untuk mencegah anggota tubuh penumpang keluar saat kecelakaan atau saat bermanuver.

Majalah JIP dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI