Tampilkan di aplikasi

Jaga kebersihan & hindari kerusakan

Majalah JIP - Edisi 203
8 Maret 2019

Majalah JIP - Edisi 203

Saat off-road, fungsi sabuk pengaman menjadi sangat krusial untuk menjaga tubuh Anda saat terjadi kecelakaan atau benturan.

JIP
Saat off-road, fungsi sabuk pengaman menjadi sangat krusial untuk menjaga tubuh Anda saat terjadi kecelakaan atau benturan. Meski off-road tak memerlukan kecepatan tinggi, resiko kecelakaan dan terluka serius tetap tinggi, dikarenakan saat off-road Anda akan kerap menemukan lintasan ekstrem seperti tanjakan dan turunan curam atau bahkan jurang yang berpotensi fatal jika sampai terjadi kecelakaan.

Namun yang perlu diperhatikan, saat off-road, sabuk pengaman rentan untuk kotor dan rusak, lantaran kondisi kabin yang terbuka. Saat speed off-road misalnya, desain jip tubular yang tak menggunakan kaca membuat air, debu dan tanah kerap masuk ke kabin. Sementara saat off-road ekspedisi atau adventure, tak jarang air dan lumpur masuk ke kabin. “Karena aktivitas ekstrem tersebut, sabuk pengaman rentan kotor atau rusak,” sahut dari gerai Tekno Mobilindo di kawasan Pondok Gede, Bekasi Sabuk pengaman umumnya terbuat dari bahan fabric.

Oleh karena itu, untuk membersihkannya para pemilik jip atau SUV 4x4 bisa menggunakan cairan khusus pembersih jok dari bahan fabric. Bila bagian buckle atau gesper sudah bersih, kita lanjut ke beberapa komponen logam milik sabuk pengaman. Seperti bagian kuncian, maupun pengaitnya (latch). Pada bagian ini noda yang kerap muncul adalah karat. Anda cukup mengelapnya dengan kapas yang sudah dibasahi dengan alkohol. “Alkohol atau cairan penetran sangat baik untuk membersihkan logam. Selain itu, alkohol juga cepat kering. Jadi Anda bisa langsung melihat hasilnya,” ujar Iman.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI