Tampilkan di aplikasi

Kunjungan off-roader Jepang, raih 5 juara dengan mobil standar

Majalah JIP - Edisi 203
8 Maret 2019

Majalah JIP - Edisi 203

Gelaran Asia Cross Country Rally (AXCR) 2018.

JIP
Gelaran Asia Cross Country Rally (AXCR) 2018 mempertemukan dua penggiat off-road dari Indonesia (Wijaya Kusuma) dan Jepang (Satoshi Takeno), namun memiliki satu kecintaan, Suzuki Jimny. Berawal dari perkenalan tersebut, Jaya, panggilan Wijaya Kusuma sampai melawat ke Jepang atas tawaran dari Satoshi san. Bukan untuk pelesir, tapi untuk melihat Suzuki Jimny Wide yang dipakai Satoshi saat di ajang tersebut.

Menurut Jaya, saat kunjungannya tersebut, tidak ada yang ditutuptutupi oleh Satoshi san. Bahkan. “Kita diskusi panjang tentang semua hal. Mobil dia (Satoshi, red) diangkat pakai lift dan semua ban dilepas. Setelah itu kita dikasih tahu titik-titik mana saja yang perlu diperkuat sampai dengan hitungan suspensi,” ungkap pria berkacamata ini. Setelah itu, Satoshi melakukan kunjungan balasan ke Indonesia.

Bertemu dengan beberapa komunitas off-road, petinggi IOF dan tentunya mampir ke redaksi JIP pada 1 Februari kemarin. “Saya awal ikut AXCR pada 2012. Saat itu saya hanya ingin mencapai finish dan tidak memikirkan apapun,” ungkapnya. Namun, siapa sangka, sampai saat ini dirinya sudah berhasil 5 kali juara dan beberapa kali di posisi podium lainnya. Mengalahkan mobil-mobil canggih dari tim-tim yang juga hebat.

Jangan bayangkan Satoshi yang juga pemilik bengkel Garage Monchi di Jepang pakai Suzuki Jimny Wide canggih, tapi semua nyaris standar. “Ada mo difikasi dan penguatan di beberapa titik, tapi semua seperti standar. Bahkan mesin juga standar,” tambah Jaya dalam obrolan dengan redaksi. Untuk AXCR 2019 ini, Jaya akan menjadi salah satu peserta, menggunakan Suzuki Jimny Wide yang dibangun menyerupai milik Satoshi. Hanya mesin saja yang sudah ganti. Sementara Satoshi tetap menggunakan miliknya yang masih pakai mesin standar. Sedangkan Ono akan tetap menggeber motor Yamaha bersama timnya.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI