Tampilkan di aplikasi

'Kamus' SUV

Majalah JIP - Edisi 204
8 April 2019

Majalah JIP - Edisi 204

Pemiliki SUV yang baik dan benar perlu mengenal mobilnya.

JIP
Pemiliki SUV yang baik dan benar perlu mengenal mobilnya. Apa merek dan tipenya, kapasitas mesin dan tenaganya, tipe transmisi, sistem penggerak dan beberapa lainnya. Berikut ini JIP mengenalkan beberapa istilah yang umum dipakai untuk SUV.

Four Wheel Drive (4WD)/4x4 dan All Wheel Drive (AWD) Gerak 4 roda (four wheel drive) atau 4WD atau gerak semua roda (AWD) adalah sistem penggerak yang umum dipakai SUV. Sistem gerak 4 roda biasanya digunakan pada SUV berbasis pick-up atau mempunyai sasis terpisah dari bodi (sasis tangga atau body onframe).

Toyota Fortuner 4WD, Land Rover Defender dan Jeep JK dan JL, misalnya. Dilengkapi transfer case untuk memilih sistem penggerak (2 roda atau 4 roda) yang diaktifkan pengemudi, sesuai kebutuhan. Transfer case itu punya perbandingan gigi rendah (low gear) khusus buat menaklukkan medan berat berlumpur, pasir tebal atau berbatu terjal.

AWD atau gerak semua roda biasanya dipakai oleh SUV berbasis sedan atau yang biasa kita kenal dengan Urban SUV seperti Honda CR-V AWD, Mazda CX5 AWD atau SUV mewah sekelas BMW X7, Porsche Macan atau Lamborghini Urus. Sistem gerak semua roda ini umumnya menggunakan transmisi pintar dengan beberapa rangkaian gigi diferensial, serta kopling yang bekerja otomatis.

Berbeda dengan 4WD, AWD tidak memiliki transfer case. Sistem ini akan menyalurkan dan membagi tenaga ke empat roda dengan presentasi berbeda-beda, sesuai dengan kondisi permukaan jalan. Pengaturan tenaga itu dilakukan secara otomatis lewat sensor-sensor yang mendeteksi daya cengkeram (traksi) setiap roda, saat mobil berjalan. AWD membuat Urban SUV bisa menjelajah lebih baik di medan non-aspal atau trek off-road ringan (light off-road).
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI