Tampilkan di aplikasi

Ganti wajah VX80, klasik tetap asik

Majalah JIP - Edisi 206
14 Juni 2019

Majalah JIP - Edisi 206

Tren ‘gantimuka’ seri 80 demi tampil klasik

JIP
Belum lama ini, ramai di media sosial karena munculnya ‘penampakan’ Toyota Land Cruiser J80 Series berwajah Land Cruiser J60 Series. Memang wajah 60 Series adalah peralihan Land Cruiser generasi lampu bulat, menuju lampu kotak yang dinamis.

Tak heran, para pecinta 4x4 klasik pasti lebih memilih TLC berlampu bulat. Jadi wajar kalau kemudian VX80 jadi ‘korban’ oprasi wajah. Mengawinkan bodi curve pada 80 Series dengan karakter bodi boxy 60 Series tentu bukan perkara mudah. Menurut pantauan JIP dan referensi dari forum luar negeri.

Ternyata sudah ada beberapa produsen body custom yang menyediakan front-body kit wajah J60. Plug n play ke konstruksi bagian depan VX 80, namun anda harus membeli lengkap mulai dari fender, kap mesin, bumper, cover lampu dan satu set grill.

Ada 2 pilihan wajah J60, kastemer bisa memilihnya full muka depan J60 hingga bumper. Atau hanya mengubah wajah grill set J60, dan mempertahankan bumper bawaan VX80 nya. “Selain mengincar tampang klasik, tapi juga tetap nyaman untuk daily use.

Karena kita pakai 80 Series yang tahunnya muda,” alasan Wahyu Lamban Jatmiko tentang perubahan wajah ini. Kit yang didapat kastemer berupa fender kanan-kiri, kap mesin, hingga frame grill J60 bagian bawah.

Semuanya berbahan fiber, kecuali grill dan frame lampu yang berbahan plastik non-original. Bumper J60 juga termasuk dalam paket, tapi replika tentunya. Tidak termasuk headlamp dan lampu seinJ60. Tren ‘gantimuka’ ini lalu membuat gatel banyak pecinta Land Cruiser di Indonesia mengoperasi plastik mobilnya.

ProRock Engineering Solo salah satu yang melakukan oprasi tersebut. WidodoTeguh sempat mengubah wajah VX80 milik kastemernya menjadi J60 look. Kebetulan pengubahannya tidak full wajah J60, namun masih menyisakan bumper asli VX80.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI