Tampilkan di aplikasi

Suspensi VX80, semakn berotot

Majalah JIP - Edisi 206
14 Juni 2019

Majalah JIP - Edisi 206

Tidak banyak yang di lakukan agar kaki VX80 lebih kokoh / Foto : Bimo SS

JIP
Ketika memproduksi VX80 rasanya Toyota sudah memikirkan berbagai hal sampai matang, mulai mesin, girboks, suspensi dan lainnya. Banyak yang bilang SUV ini lahir dengan kondisi yang nyaris sempurna. Baik dari performa, durabilitas, kenyamanan dan kemampuan off-road atau menjelajah.

“Mobil ini, kondisi standarnya saja sudah enak, tidak perlu diapa-apakan lagi. Suspensi contohnya. Di mobil ini sudah paling bener deh, mau buat offroad atau melaju di aspal,” jelas Wahyu Lamban yang beberapa kali bangun VX80 untuk off-road.

Jadi saat ditanya suspensi VX80 enaknya diapakan lagi? Jawaban Wahyu tidak ada. “Kecuali kalau mau ikut off-road, biasanya pakai ban ukuran 35 inci. Jadi tinggal pasang per lift-kit saja, konstruksi kaki-kaki tidak perlu di up-grade lagi,” papar Wahyu.

Per lift kit yang dianjurkan adalah 3 inci. Merek yang bisa diaplikasikan pun beragam, karena banyak produsen aftermarket off-road yang membuat produknya khusus VX80. “Jangan lupa caster correction kit ikutan dibeli karena sudah naik 3 inci dan beli shock steering karena ukuran ban juga besar,” papar off-roader Nasional ini.

Untuk jenis sokbreker, menurut pemilik Bengkel Idek ini tidak perlu yang macam-macam. “Sebenarnya cukup sokbreker jenis foam cell. Apalagi kalau dipakai untuk bawa beban berat. Tapi kalau mau enak dan lebih advance, bisa gunakan coilover shock panjang 10” dengan bodi 2”.

Karena sokbreker ini bisa dipasang dual rate spring, jadi bisa diatur sesuai bobot kendaraan kita,” paparnya. Agar kaki-kaki semakin kokoh lagi, Wahyu menyarankan agar bushing suspensi VX80 diganti. “Saat off-road kerja kaki-kaki pasti akan berat, biasanya bushing jadi cepat rusak.

Biar semakin kokoh, bushing kit disarankan ganti pakai aftermarket yang lebih bagus. Disarankan pakai SuperPro,” jelasnya. Nah, kalau sudah begini VX80 jadi semakin sempurna lagi sebagai kendaraan penjelajah atau off-road. Silakan mencoba!
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI