Tampilkan di aplikasi

Anak & amanah di zaman fitnah

Majalah Karima - Edisi 04
3 Februari 2018

Majalah Karima - Edisi 04

Imam Al-Ghazali Rahimahullah mengatakan, “Anak adalah amanah di tangan kedua orangtuanya. Hatinya yang suci adalah berlian yang masih mentah, belum dipahat maupun dibentuk. / Foto : Dokumen Majalah Karima

Karima
Zaman terus berganti, waktu terus bertukar. Apa yang sudah kita bekalkan kepada anak-anak guna menghadapi beragam fitnah di akhir zaman? Jangan-jangan kita termasuk golongan orangtua yang masih santai-santai saja. Bahkan terkesan cuek. Masih asyik dengan diri sendiri, lalai menyiapkan masa depan anak-anak agar sukses dunia dan kelak bahagia di akhirat. Na’udzubillah.

Padahal anak-anak itu adalah amanah. Dan amanah itu harus kita pertanggungjawabkan. Sungguh, keseriusan dalam mendidik anak akan berpengaruh besar terhadap masa depan si anak sekaligus si orangtua. Diri dan keluarganya.

Lebih jauh lagi, jika kita berpikir tentang kaum Muslimin secara luas, maka anak akan berperan penting dalam menegakkan Izzul- Islam wal-Muslimin. Anak harus memberi dampak positif terhadap lingkungannya. Oleh karena itu, jangan sampai terlambat. Bersungguh sungguhlah sejak detik ini juga.

Asy -Syaikh Muhammad Al-Khidr Husain Rahimahullah mengatakan, “Kebanyakan orang belum menyadari bahwa anak-anak adalah salah satuunsur ummat ini. Hanya saja dia bersembunyi di balik tabir kekanak-kanakannya. Apabila kita singkapkan tabir itu, pasti kita temukan dia berdiri sebagai salah satu tiang penyangga bangunan ummat ini.

Akan tetapi, ketentuan Allah pasti berjalan, yaitu bahwa tabir tersebut tidak akan tersingkap selain dengan bimbingan dan pendidikan secara berkala, sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, harus dilakukan dengan perencanaan yang matang dan bertahap.” Ayah, Ibu, lihatlah anak anak kita. Apa yang sudah kita lakukan?*
Majalah Karima di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI