Jokowi dan Asian Games 2018

Majalah Matra - Edisi 0418
2 April 2018

Majalah Matra - Edisi 0418

OCA menyatakan bahwa Indonesia, China dan Uni Emirat Arab adalah kandidat yang paling mungkin untuk menjadi tuan rumah.

Matra
Negara Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, dalam ajang empat tahunan. Suatu hal yang membangggakan, tapi masyarakat Indonesia, terus terang masih banyak yang bingung dan ragu untuk bisa membedakan even internasional ini. Banyak yang belum mafhum, bedakan Asian Games dan SEA Games. Apakah Anda sudah tahu?

Perbedaan SEA Games dan Asian Games. Untuk diketahui, SEA Games diikuti oleh negara se- Asia Tenggara, sedangkan Asian Games diikuti negara-negara se-benua Asia. SEA Games diselenggarakan setiap dua tahun sekali, sedangkan Asian Games diselenggarakan setiap empat tahun sekali. SEA Games diselenggarakan setiap tahun ganjil sementara Asian Games diselenggarakan pada tahun genap dimana Olimpiade tidak digelar.

Menjadi catatan sejarah, SEA Games pertama kali diadakan pada tahun 1959 di Bangkok, Thailand, sedangkan Asian Games pertama kali diadakan pada tahun 1951 di New Delhi, India. Bila kita ingat, SEA Games diselenggarakan oleh Southeast Asian Games Federation (Federasi Olahraga Asia Tenggara), sedangkan Asian Games diselenggarakan oleh Olympic Council of Asia atau Komisi Olimpiade Asia.

Perhelatan Asian Games 2018 akan segera terlaksana, di mana Indonesia menjadi tuan rumah dalam ajang empat tahunan tersebut. Indonesia pun menunjuk Jakarta dan Palembang sebagai tempat utama penyelenggaraan kejuaraan olahraga terbesar di Asia ini. Lembar-lembar siluet pemerintah Jokowi-JK sudah menunjukkan keseriusannya dalam menggaungkan kejuaraan olahraga tersebut.

Tercatat, pemerintah telah mengeluarkan anggaran sekitar Rp61 miliar untuk mempersiapkan event tersebut. Tak hanya infrastuktur tempat olahraga yang digunakan, sarana dan prasana juga diperhatikan betul oleh pemerintah.

Majalah Matra dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI