Catatan tentang jurufoto/fotografer profesional Indonesia

Majalah Matra - Edisi 0418
2 April 2018

Majalah Matra - Edisi 0418

Situasi umum belakangan hari ini profesi fotografer [juru foto - ahli foto] umumnya dan khususnya di Indonesia, mendapat berbagai tantangan akibat perubahan baik peralatan tehnis fotografi maupun peredaran hasil foto.

Matra
Perkembangan Tehnologi Perubahan sistim analog menjadi digital yang sedikit banyak merubah pola kerja para jurufoto. Bahwa hasil foto bukan hasil akhir, namun cenderung menjadi data yang terus menerus dapat diolah. Selain kemudahan-kemudahan fitur berbagai alat yang memudahkan si polan berkarya bak si jurufoto.

Bagi jurufoto yang mengalami 2 periode tentu berbeda dengan mereka yang dibesarkan langsung di zaman digital. Tetapi kedua generasi ini tentu mendapatkan situasi yang sama ketika umum berkarya [membuat] foto. Adanya perkembangan tehnologi yang cepat dan terus menerus, yang mengakibatkan seorang [jurufoto pun] perlu terus menerus belajar agar dapat berkerja maxmimal.

Otoritas Estetika Peredaraan [karya foto] pun kini tidak saja melalui media cetak tetapi lebih sering juga dalam media elektronik. Kemudahan tampilan di media sosial dan kebutuhan akan imej [foto] di media elektronik, menyebabkan adanya ‘demokratisasi peredaran gambar foto. Di media masa elektronik, Siapapun pencipta foto amatir maupun profesional, bila dianggap layak tampil, dihadirkan.

Selain tentu mediasosial yang lebih bebas dan seringkali tanpa kuratorial atau redaktur yang memilih/kurasi foto. Situasi ini, bagi para jurufoto, memungkinkan karyanya untuk dibandingkan dengan karya mereka yang bukan profesional, secara terbuka Kadang bahkan dinilai oleh masyarakat [awam] langsung, tidak lagi oleh orang orang yang dianggap piawai di bidang [yang terkait dengn fotografi].

Tidak adanya otoritas estetika kurator tetapi cenderung estetika yang liberal. Standard kerja –karya [?] Asosiasi Profesi sebagai acuan Dengan maksud mengantisipasi kekisruhan apresiasi [masyarakat baik komersil maupun tidak] terhadap kerja fotografi ini.

Majalah Matra dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI