Mesin mati saat melewati rel kereta, magis atau realitis?

Majalah Matra - Edisi 0618
11 Juni 2018

Majalah Matra - Edisi 0618

Banyak sekali kejadian mesin mobil mendadak mati di atas rel kereta hingga akhirnya berujung kecelakaan. Padahal, mesin mobil baik-baik saja, tapi entah kenapa tiba-tiba mendadak mati tepat saat melintas rel kereta.

Matra
Orang awam pasti mengaitkan kejadian ini dengan hal-hal mistis. Tapi, sebenarnya kejadian mesin mobil mati mendadak di atas rel bisa dijelaskan secara ilmiah. Sejatinya, ada alasan logis kenapa mesin mobil sering mati mendadak tepat di atas rel kereta api. Hal itu berkaitkan erat dengan unsur magnet yang dihantarkan oleh kereta api. Di lokomotif ada boggie atau roda kereta yang memiliki komponen utama berupa dinamo. Nah, di dalam dinamo ini terdapat unsur magnet yang sangat besar.

Jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar). Hal ini berdampak pada rel yang terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1KM dari lokomotif. Saat kendaraan bermotor melintasi rel KA biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tidak memindahkan gigi mesin yang lebih rendah. Maka, putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yang ada dapat seketika mati.

Itu akibat faktor medan magnit boggie KA yg di hantarkan oleh rel KA. Oleh karena itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum KA mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Banyak faktor yang mengakibatkan mobil mendadak mogok di lintasan rel. Menurut penjelasan ahli, mogoknya mobil terjadi akibat daya magnetik yang terdapat pada rel kereta api.

Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel KA yang berjarak kurang dari 1 Km akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yang sudah lemah dapat mati. Daya tarik magnet timbul karena adanya gesekan antara roda kereta dan rel. Roda kereta api umumnya dari baja berjenis ferritic. Baja jenis ini mempunyai medan magnet yang sangat kuat bahkan terkuat ketimbang jenis baja lainnya. Pemilihan baja ini agar kereta melaju stabil.

Majalah Matra dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI