Tampilkan di aplikasi

Cinema 21 tau XXI, apa bedanya?

Majalah Matra - Edisi 0718
9 Juli 2018

Majalah Matra - Edisi 0718

Asal tahu saja, pria inilah yang bernama Benny Suherman, “mengubah” perusahaan Cinema 21. Dia adalah patner Sudwikatmono, saudara sepupu Pak Harto. Pak Dwi, demikian panggilan akrabnya.

Matra
Sebagai pengusaha sukses, Sudwikatmono bermitra dengan tokoh pengusaha sukses lainnya. Pemikirannya yang arif tersebut kala itu memang mengandung kebijakan dan membangun peluang bagi pengusaha lokal untuk mengembangkan usaha sebagai upaya mendukung perekonomian daerah dan masyarakat.

Tak banyak yang tahu soal angka 21 pada bioskop yang ada di Indonesia. Ternyata, angka itu tak sekadar pajangan semata. Angka itu memiliki sejarah asal mula. Studio 21 pertama dibangun di Jalan MH Thamrin Kav 21 oleh Sudwikatmono pada tahun 1986.

Setelah berhasil melakukan ujicoba sinepleks dengan mengubah ruang gedung bioskop Kartika Chandra menjadi beberapa layar. Studio pertama, Sinepleks di Kartika Chandra ini juga bekerjasama dengan Raam Punjabi.

Nama “21” diambil dari nomor kaveling jalan MH Thamrin di lokasi Studio 21 pertama dibangun. Namun, ada juga yang mengatakan, bahwa nama itu sesungguhnya merupakan akronim dari Su-Dwi-kat-Mono.

Cineplex 21 Group memulai kiprahnya di industri hiburan sejak tahun 1986, hingga Juni 2015, Cineplex 21 Group memiliki total 1240 layar yang tersebar di 33 kota di 146 lokasi di seluruh Indonesia.

Group ini didirikan oleh Sudwikatmono bekerjasama dengan Benny Suherman dan Harris Lesmana. Pada tahun 1999 Sudwikatmono melepaskan kepemilikan jaringan bioskop 21 itu kepada partnernya, Benny Suherman dan Harris Lesmana.

Ada tiga merek sirkuit terpisah, Cinema 21, Cinema XXI, dan ThePremiere, masing-masing menargetkan pasar yang berbeda. Sebagai contoh, The Premiere bertujuan audiens yang lebih suka tempat-tempat yang lebih mewah ditunjuk, termasuk lobi yang dirancang khusus dan kursi plusher.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI