Tampilkan di aplikasi

Bisnis gagal sebabnya ini

Majalah Matra - Edisi 0111
29 Oktober 2018

Majalah Matra - Edisi 0111

Untuk itu sebaiknya pebisnis baru harus tahu dan lebih mengenal enam kesalahan yang bisa menghancurkan sebuah bisnis.

Matra
Dengan perencanaan, pendanaan dan fleksibilitas yang tepat, sebuah bisnis punya kesempatan sukses yang lebih besar. Untuk itu sebaiknya pebisnis baru harus tahu dan lebih mengenal enam kesalahan yang bisa menghancurkan sebuah bisnis.

1. Tidak melakukan riset pasar. Misalnya, kalau berniat membuka sebuah perusahaan es krim, semua modal sudah disiapkan dan niatan pebisnis pemula itu sudah bulat. Tapi pebisnis itu tidak melihat kenyataan bahwa kini sedang musim hujan, saat orang butuh makanan yang hangat-hangat; bukan sebaliknya (es krim). Apalagi banyak merek-merek es krim di luar sana; kompetisi tentu sangat berat.

Kesalahan-kesalahan seperti inilah yang membuat bisnis baru kalah sebelum bertanding. Pebisnis harus bisa mencari apa yang dibutuhkan pasar, bukan memaksa produknya masuk ke dalam pasar. Akan lebih mudah menyediakan sesuatu yang dibutuhkan dari pada harus membuat sesuatu yang baru dan memaksa orang mengeluarkan uang untuk itu.

2. Rencana bisnis yang kurang matang. Sebuah rencana yang solid dan realistis sangatlah mutlak dibutuhkan sebuah bisnis. Dalam rencana itu, harus ada target yang masuk akal, bagaimana mencapai target tersebut, prediksi masalah yang akan menghadang, serta bagaiman menyelesaikan masalah tersebut. Untuk mencapai target tersebut, harus banyak melakukan riset dan survey. Rencana tersebut juga harus memuat biaya yang diperlukan serta strategi dan jadwal operasional.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI