Tampilkan di aplikasi

Phubing kata “unik” apa bedanya dengan nomophobia?

Majalah Matra - Edisi 0119
7 Januari 2019

Majalah Matra - Edisi 0119

Phubbing = kependekan dari kata : Phone and Snubbing; diciptakan oleh Alex Haigh seorang Australia. Dalam penelitiannya menemukan fakta mengabaikan sesama dalam masyarakat dan keluarga saat bertemu.

Matra
Anda mungkin sering melihat fenomena berikut ini: Makan bersama, makanan sudah terhidang; semua sibuk memotret makanan tersebut dan langsung mengunggah fotonya ke media sosial atau sekedar mengganti gambar profil di Blackberry atau smartpone. Dalam waktu 1-2 menit setelahnya, akan muncul komentar dari teman dan berlanjut dengan saling membalas komentar. Makanan sudah dingin dan masing-masing individu masih sibuk dengan gadget.

Gadget diletakkan sedekat mungkin dalam jarak pandang yang memungkinkan individu untuk segera tahu jika ada chat masuk atau komentar baru di facebook. Setiap kali telepon genggam berdering, orang akan langsung merespons meskipun tengah bercakap-cakap dengan lawan bicara di depannya. Tiap dua menit lawan bicara kita melirik ke layar gadgetnya untuk mencari tahu apakah ada message masuk atau tidak. Gadget selalu stand by di genggaman, jadi bisa langsung merespons jika ada notifikasi.

Ketika berkendaraan, perhatikanlah berapa banyak orang yang langsung meraih gadget-nya begitu lampu menyala merah dan apa yang mereka lakukan untuk mengisi waktu selama 60-90 detik tersebut. Membalas chat, memeriksa updates, menelepon. Berjalan di trotoar atau di mal tapi mata tertuju pada layar dan jempol sibuk mengetik. Semua contoh fenomena yang disebutkan di atas disebut dengan phubbing.

Pelaku phubbing disebut phubbers, yakni orang yang terus menerus cek email, sosial media, atau chatting menggunakan gadget. Pphubbing (Partner phubbing) adalah phubbing yang dilakukan saat anda sedang bersama dengan pasangan anda. Informasi mengenai phubbing yang merupakan kependekan dari phone snubbing banyak dibicarakan. Beragam arti kata phubbing. Umumnya mendefinisikan phubbing sebagai sebuah “kecanduan” berkomunikasi via smartphone.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI