Tampilkan di aplikasi

Kata pakar Restructure tentang panggilan BTP

Majalah Matra - Edisi 0319
12 Maret 2019

Majalah Matra - Edisi 0319

Sebetulnya, ada apa dengan nama Ahok?

Matra
Jelang pembebasan dirinya pada 24 Januari lalu, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menulis sebuah surat dari dalam Mako Brimob. Surat yang ditulis oleh mantan gubernur DKI Jakarta ini kemudian menjadi viral pasca diunggah ke Twitter dan juga Instagram pribadinya. Siapa sangka, dalam surat tersebut Ahok nyatanya menulis kalimat-kalimat yang menyentuh, termasuk mengutarakan keinginannya untuk tidak lagi dipanggil dengan nama “Ahok”.

Menjelang bagian akhir surat tersebut, Ahok menyampaikan keinginannya untuk dipanggil dengan sebutan “BTP”. Sebetulnya, ada apa dengan nama Ahok? Benarkah ada pengaruhnya dengan kekuatan namanya? Ni Kadek Hellen Kristy Winatasari, pakar Restructure Nama dengan latar belakang psikologi, menjelaskan banyak yang masih belum memahami kekuatan nama. Baik itu nama manusia (bayi maupun dewasa), nama usaha, nama produk, dan lain-lain. Pada kenyataannya nama adalah salah satu faktor utama yang berhubungan erat dengan kesuksesan (orang, perusahaan, produk).

Nama adalah doa, dan doa mutlak diperlukan manusia. Manusia tidak tahu apa yang terjadi pada dirinya sekarang dan yang akan datang, padahal manusia selalu menginginkan keberhasilan dalam mencapai apa yang diinginkannya sekarang dan yang akan datang. “Karena itu peranan nama dalam kehidupan manusia sangatlah penting. Karena nama berhubungan erat dengan jalan hidup seseorang,” ungkap Kadek dalam keterangan pers bertanggal 21 Januari 2019.

Sedangkan mengenai nama Ahok, Kadek menilai nama tersebut memang tidak baik. Nama Ahok ini memberikan vibrasi negatif yang akan menarik hal-hal atau kejadian buruk kepada pemilik nama seperti perceraian, dikhianati rekan maupun keluarga, mengalami masalah hukum hingga kehancuran yang signifikan.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI