Tampilkan di aplikasi

Benturan Microsoft dan Apple merupakan rekayasa?

Majalah Matra - Edisi 0332
15 Maret 2023

Majalah Matra - Edisi 0332

Logo Apple dan Microsoft

Matra
Apple dan Microsoft adalah dua entitas yang mewarnai kehidupan gadget kita. Dalam sejarahnya, tidak hanya menjadi rival, Bill Gates justru pernah membeli saham Apple agar tidak mengalami kebangkrutan. Mengapa kebaikan itu dilakukan Gates? Kenapa Apple tidak dibiarkan tenggelam?

Dua entitas bisnis ini masuk dalam kelompok the big 5 IT companies bersama Google, Facebook, dan Amazon, serta menjadi wajah pertarungan sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia saat ini, Windows vs MacOS.

Sejarah dua perusahaan ini diwarnai oleh persaingan sengit, tuduhan saling jiplak, pernah pula saling membantu, dan tak jarang pula melibatkan intrikintrik lobi politik dengan pemerintah, baik itu di Amerika Serikat (AS) Gates pernah membeli saham Apple dan mencegah perusahaan tersebut dari kebangkrutan.

Microsoft didirikan pada 4 April 1975 oleh Bill Gates dan Paul Allen di New Mexico. Dua sosok ini adalah teman sekolah saat di Lakeside School dan sudah tertarik pada programprogram komputer. Allen berkuliah di Washington State University, namun memutuskan drop out (DO) setelah 2 tahun berkuliah. Ia kemudian datang menemui Gates yang saat itu berkuliahmaupun di negara lain. Bahkan Bill Gates pernah membeli saham Apple dan mencegah perusahaan tersebut dari kebangkrutan. Sebelum membahas benturan dua perusahaan ini, kita perlu sedikit melihat sejarah keduanya.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI