Menikmati seks di usia lanjut

Majalah Mens Obsession - Edisi 02/2018
13 Maret 2018

Majalah Mens Obsession - Edisi 02/2018

Jangan ragu untuk saling memuji antar pasangan. Meski pasangan tak lagi secantik ketika masih muda, namun jangan coba-coba mencari wanita lain untuk kepuasan seksual Anda. Justru sebaiknya tetaplah setia pada pasangan dan hormati dan cintai pasangan apa adanya. / Foto : Istimewa

Mens Obsession
Masihkah Anda ingat seperti apa rasanya berhubungan seks ketika masih pengantin baru? Seiring bertambahnya usia, kenikmatan hubungan seksual tak lagi seperti dulu ketika Anda masih muda. Meski begitu, bukan berarti usia senja menghalangi kegiatan bercinta Anda dan pasangan. Justru hubungan seks yang dilakukan di usia senja dapat menjaga keintiman Anda dan pasangan.

Kadar testosteron pada pria memang cenderung menurun di usia tua yang mengakibatkan terjadinya perubahan fungsi seksual yang menurun, seperti orgasme yang lebih singkat, ejakulasi dini, air mani yang sedikit, serta kesulitan untuk mempertahankan ereksi. Meski begitu Anda tak perlu cemas. Bukan berarti karena perubahan-perubahan tersebut kenikmatan seks tidak dapat dicapai, bukan?

Meski pada awalnya mungkin Anda cemas dan butuh waktu untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan ini. Jangan takut pada perubahan tersebut. Jika Anda tahu bagaimana menyiasatinya, hubungan seksual di usia lanjut pun akan terasa menyenangkan, sama seperti ketika Anda masih muda dulu. Hormon testosteron pada usia lanjut memang telah terjadi penurunan.

Namun yang harus Anda ingat, seks pada usia lanjut khususnya pada pria, tak lagi bicara hanya pada kebutuhan biologis semata. Namun lebih dari itu, di sinilah adanya peran hormon oxytocin atau hormon cinta yang lebih besar dalam hubungan pasutri. Hormon ini berfungsi membangun kedekatan dan ikatan batin antar pasangan.

Dengan begitu, kegiatan bercinta pun akan lebih mesra dan romantis. Karena peran hormon ini pula, pada usia lanjut, biasanya pria akan merasa lebih terikat dengan pasangan mereka. Selain itu, yang juga tak kalah penting adalah komunikasi yang terbuka dari hati ke hati dengan pasangan Anda.

Majalah Mens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI