Mengenal Fibromyalgia

Majalah Mens Obsession - Edisi 03/2018
23 Maret 2018

Majalah Mens Obsession - Edisi 03/2018

Sampai sekarang dokter masih belum dapat memastikan penyebab utama dari kondisi ini meskipun sudah ada berbagai teori, namun para peneliti sebagian besar setuju, fibromyalgiaadalah gangguan fungsi pengolahan pusat dengan gangguan neurotransmitter dan neuroendrocines. Dengan kata lain, rasa sakit yang dirasakan pasien karena pengolahan sensorik rusak dalam sistem saraf pusat.

Mens Obsession
Siapa yang tak mengenal Stefani Joanne Angelina Germanotta atau akrab disapa Lady Gaga. Dibalik kesuksesannya sebagai musisi papan atas, penyanyi nyentrik asal Amerika Serikat tersebut tengah berjuang melawan penyakit yang dideritanya fibromyalgia Syndrome (FMS).

Masih sedikit orang yang tahu tentang fibromyalgia, bahkan penyakit ini masih terdengar asing di telinga orang Indonesia. Fibromyalgia adalah nyeri pada tulang dan otot yang menjalar ke bagian dalam tubuh dari lokasi nyeri tersebut berasal.

Kondisi ini bisa menyerang berbagai bagian tubuh dan dapat berlangsung hingga beberapa tahun. Seringkali kondisi ini disebut sindrom kelelahan kronis (berkepanjangan) oleh ahli kesehatan. Meskipun keduanya memiliki kemiripan dari berbagai aspek, ada perbedaan dari segi sensasi umum yang dirasakan pasien.

Fibromyalgia ditandai nyeri dan kekakuan sedangkan sindrom kelelahan kronis ditandai kelelahan yang hebat. Kebanyakan pasien fibromyalgia memiliki minimal 11 titik atau area pada tubuhnya yang sangat lembut dan dapat menimbulkan nyeri ketika disentuh.

Majalah Mens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI