Osteoporosis bisa serang siapa saja!

Majalah Mens Obsession - Edisi 01/2018
13 April 2018

Majalah Mens Obsession - Edisi 01/2018

Maka dari itu, Anda sebaiknya mulai menjaga kesehatan tulang Anda sejak masih muda. / Foto : Istimewa

Mens Obsession
Penyakit tulang merupakan penyakit yang identik dengan penyakit orang lanjut usia. Padahal usia bukan satu-satunya faktor risiko terjadinya penyakit tulang. Maka dari itu, Anda sebaiknya mulai menjaga kesehatan tulang Anda sejak masih muda. Selama ini, penyakit tulang yang populer adalah osteoporosis.

Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun. Kondisi ini membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak. Osteoporosis umumnya baru diketahui setelah ditemukan retak pada tulang, setelah pasien mengalami jatuh ringan.

Retak pada pergelangan tangan, tulang pinggul, dan tulang belakang adalah kasus yang paling banyak ditemui pada penderita osteoporosis. Di Indonesia, sebanyak 23 persen wanita berusia 50-80 tahun dan 53 persen wanita berusia 70-80 tahun mengidap osteoporosis, berdasarkan hasil penelitian pada tahun 2006.

Risiko wanita mengidap osteoporosis empat kali lebih besar dibandingkan dengan risiko pada pria. Meski umumnya osteoporosis dialami oleh wanita yang telah memasuki masa menopause, osteoporosis juga dapat terjadi pada pria, wanita yang berusia lebih muda, dan anak-anak.

Kekurangan kalsium diperkirakan menjadi penyebab kasus-kasus osteoporosis di Indonesia. Selain itu, faktor risiko untuk osteoporosis lainnya, yakni berat badan kurang, kebiasaan gaya hidup (duduk terus menerus atau tidak aktif), konsumsi alkohol, merokok, gangguan makan, mengkonsumsi obat tertentu, penyakit kronik dan tirah baring atau imobilisasi yang lama.

Tidak hanya itu, wanita kecil dan kurus beresiko lebih tinggi terkena osteoporosis, riwayat keluarga juga dapat berpengaruh karena osteoporosis cenderung terjadi dalam keluarga. Jika anggota keluarga Anda menderita osteoporosis, maka Anda juga beresiko terjadi hal serupa.

Majalah Mens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI