Kekuatan baru itu bernama Diaspora

Majalah Mens Obsession - Edisi 07/2017
13 April 2018

Majalah Mens Obsession - Edisi 07/2017

Kunjungan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia untuk menghadiri Kongres Diaspora Indonesia ke-4, Sabtu 1 Juli 2017, di Kasablanka Hall, Jakarta Selatan, sempat mengalihkan perhatian publik dalam negeri kepada saudara-saudara kita yang tinggal atau bermukim di luar negeri yang kemudian dikenal sebagai diaspora. / Foto : Istimewa

Mens Obsession
Kunjungan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia untuk menghadiri Kongres Diaspora Indonesia ke-4, Sabtu 1 Juli 2017, di Kasablanka Hall, Jakarta Selatan, sempat mengalihkan perhatian publik dalam negeri kepada saudara-saudara kita yang tinggal atau bermukim di luar negeri yang kemudian dikenal sebagai diaspora.

Jika dahulu mereka disebut sebagai perantau, maka istilah tersebut mulai bergeser dengan istilah Diaspora. Diaspora sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno yang berarti penyebaran. Orangorang Yunani menggunakan istilah ini untuk merujuk kepada warga suatu kota kerajaan yang bermigrasi ke wilayah jajahan dengan maksud kolonisasi untuk mengasimilasi wilayah itu ke dalam kerajaan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, memaknakan Diaspora sebagai “masa tercerai-berainya suatu bangsa yang tersebar di berbagai penjuru dunia dan bangsa tersebut tidak memiliki negara, misalnya bangsa Yahudi sebelum negara Israel berdiri pada tahun 1948.

Namun dalam kajian ilmu sosial, diaspora merupakan istilah yang merujuk pada kelompok etnis atau bangsa yang tinggal jauh dari kampung halaman, umumnya dengan sebab-sebab persebaran yang bersifat negatif seperti penindasan politik, persekusi, wabah, dan lain-lain.

Sementara itu, dalam konteks pergerakan manusia, istilah Diaspora merujuk pada penduduk yang menetap di negara lain karena berbagai faktor, misalnya perang atau mencari penghidupan yang lebih baik. Perkembangan globalisasi telah menjadikan diaspora sebagai kekuatan ekonomi baru bagi sebuah bangsa.

Majalah Mens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI