Sehat dengan kurma

Majalah Mens Obsession - Edisi 06/2017
13 April 2018

Majalah Mens Obsession - Edisi 06/2017

Bulan Ramadhan kurang afdol rasanya jika tidak mengonsumsi Kurma. / Foto : Istimewa

Mens Obsession
Bulan Ramadhan kurang afdol rasanya jika tidak mengonsumsi Kurma. Buah asal tanah Arab dengan nama latin Phoenix Dactylifera ini, memang menjamur dan sangat digemari umat muslim untuk berbuka puasa, karena demikianlah yang disunnahkan dalam ajaran Islam.

Rasa manis alami dalam kandungan Kurma, mampu menjadi energi setelah seharian berpuasa. Namun di samping itu, tahukah Anda bahwa Kurma sejatinya menyimpan begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Ya, Kurma sejatinya memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Kurma mengandung karbohidrat, protein, dan serat. Berbagai vitamin dan mineral yang terdapat di dalam Kurma adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kobalt, tembaga, fluorin, magnesium, kalium, zat besi, mangan, selenium, dan seng. Dan dalam 100 gram kurma mengandung sekitar 280 kalori, vitamin A 90 IU, tiamin 93 mg, riboflavin 114 mg, niasin 2 mg dan kalium 667 mg.

Zat-zat tersebut berfungsi untuk membantu melepaskan energi, menjaga kesehatan kulit dan syaraf serta untuk kesehatan jantung. Serat yang terkandung dalam kurma mampu mengatasi sembelit dan membersihkan sistem pencernaan, meningkatkan kerja usus besar, serta dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Kandungan natrium dan sedikit lemak yang terdapat dalam kurma juga sangat baik bagi kesehatan jantung.

Tak hanya itu, selain untuk membantu mencegah terjadinya diare, kalium yang terkandung dalam kurma juga dapat membantu mengurangi resiko terjadinya serangan jantung akibat penyumbatan pembuluh darah jantung. Sementara vitamin A yang terkandung dalam Kurma, sangat baik untuk memelihara kesehatan mata dan pertumbuhan tulang.

Majalah Mens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI