10 masjid termegah di dunia

Majalah Mens Obsession - Edisi 06/2017
13 April 2018

Majalah Mens Obsession - Edisi 06/2017

Selain sebagai tempat ibadah ummat muslim, kemegahan dan keindahan bangunan masjid menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. / Foto : Istimewa

Mens Obsession
Selain sebagai tempat ibadah ummat muslim, kemegahan dan keindahan bangunan masjid menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Berikut kami rangkum 10 masjid termegah di dunia, tak hanya megah dari segi bangunan, namun beberapa di antaranya juga memiliki nilai sejarah tinggi, dan salah satunya berada di tanah air kita.

1. Masjidil Haram, Mekkah Masjidil Haram merupakan masjid terbesar dan terindah di dunia, serta menjadi tujuan utama ummat muslim dalam menjalankan ibadah haji atau umroh. Berkunjung ke sini, merupakan impian semua ummat muslim di seluruh dunia.

Luas keseluruhan area masjid ini sekitar 990,40 hektar yang mencakup area outdoor dan indoor. Memiliki daya tampung hingga empat juta jamaah, terutama pada musim haji. Masjidil Haram juga memiliki nilai sejarah tinggi, didirikan oleh Nabi Ibrahim AS yang dibantu oleh putranya, Nabi Ismail AS.

Di sini pula tempat di mana sumber air zam zam mengalir hingga kini. Seperti yang kita ketahui, di dalam masjid terdapat kabah yang menjadi arah kiblat sholat bagi seluruh ummat muslim di dunia.

2. Masjid Nabawi, Madinah Masjid Nabawi merupakan tujuan ibadah ummat islam kedua setelah Masjidil Haram. Masjid Nabawi memiliki 10 menara, masingmasing dengan ketinggian 105 meter. Daya tampung masjid Nabawi sekitar 1 juta orang. Masjid Nabawi memiliki nilai sejarah tinggi, sejarah pada zaman Rasulullah.

Konon beliau memiliki rumah yang berdekatan dengan Masjid Nabawi, bahkan makam rasul juga berada di kawasan masjid ini. Masjid ini dibangun baginda rasul pada bulan rabiul awal saat awal hijrahnya ke Madinah. Pada masa itu, masjid ini sangat sederhana, jauh dari kesan mewah. Kemudian dari zaman ke zaman mengalami renovasi dan perluasan lantaran semakin banyaknya ummat muslim dari penjuru dunia yang datang beribadah ke masjid Nabawi.

Majalah Mens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI