Tradisi menyambut Ramadhan

Majalah Mens Obsession - Edisi 06/2017
13 April 2018

Majalah Mens Obsession - Edisi 06/2017

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu umat muslim di dunia / Foto : Istimewa

Mens Obsession
Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu umat muslim di dunia. Tak heran, jika banyak masyarakat muslim di belahan dunia yang antusias bahkan euphoria dalam menyambut datangnya bulan yang mulia dan penuh rahmat ini.

Di negara-negara muslim atau negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim, bahkan memiliki budaya dan tradisi tersendiri dalam menyambut bulan Ramadhan, ada yang terbilang unik, ada pula yang biasa-biasa saja. Apapun itu, yang jelas, masing-masing tradisi tersebut tentu dilakukan dengan penuh suka cita dan kegembiraan. Berikut beberapa di antaranya.

1. Indonesia Menjadi negara dengan banyak kepulauan sudah pasti banyak pula tradisi menyambut bulan Ramadhan yang dimiliki oleh negara kita ini. Dan dari sekian banyak tradisi yang ada di Indonesia, sebagian ada yang menarik perhatian.

Sebut saja tradisi Malamang yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Tradisi ini dilakukan dengan membuat nasi lemang –nasi yang dimasak dalam ruas-ruas batang bambu–. Dan biasanya nasi lemang yang telah dibuat ini, akan di potong-potong kemudian dibagikan kepada para mertua sebagai permintaan maaf.

2. Mesir Masyarakat di negara ini, tepatnya di Kairo, memiliki tradisi unik dalam menyambut bulan Suci Ramadhan, yakni dengan berbondong-bondong memasang lampu tradisional bernama Fanus di rumah mereka. Keberadaan lampu-lampu ini membuat kawasan kota Kairo semakin bercahaya nan indah di bulan Ramadhan.

Tradisi ini telah berlangsung sejak lama, tepatnya sejak zaman Dinasti Fattimiyah. Namun, kala itu kebiasaan ini dilakukan bukan hanya untuk menyambut bulan suci, tapi juga untuk menyambut pasukan armada kerajaan yang berkunjung ke Kota Kairo menjelang bulan Ramadhan.

Majalah Mens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI