Hai perokok, waspadai buerger disease!

Majalah Mens Obsession - Edisi 05/2018
21 Mei 2018

Majalah Mens Obsession - Edisi 05/2018

Penyakit buerger, membuat pembuluh darah Anda menjadi meregang, membengkak dan tersumbat dengan pembekuan darah. / Foto : Istimewa

Mens Obsession
Merokok sudah menjadi sebuah kebiasaan bagi sebagian masyarakat, terutama di Indonesia. Jumlah penduduk umur ≥15 tahun yang merokok dan mengunyah tembakau cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Menurut Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Kementerian Ksehatan RI, peningkatan ini ditunjukkan dalam Riskesdas 2007 (34,2%), Riskesdas 2010 (34,7%), dan Riskesdas 2013 (36,3%).

Kebiasaan merokok menimbulkan banyak gangguan medis, sebut saja kanker paru, kanker mulut, dan penyakit pembuluh darah. Salah satu penyakit pembuluh darah yang hanya menyerang kaum perokok disebut Buerger disease. Penyakit Buerger atau tromboangitis obliterans adalah penyakit langka yang ditandai dengan adanya sumbatan pada pembuluh darah di kaki dan tangan.

Penyakit ini diawali dengan adanya peradangan serta pembengkakan pembuluh darah, hingga akhirnya pembuluh darah menjadi tersumbat oleh bekuan-bekuan darah (trombus). Lama kelamaan, sumbatan ini akan menyebabkan aliran darah ke tangan dan kaki menjadi berkurang, sehingga menimbulkan rasa sakit, merusak jaringanjaringan di kulit, dan pada kasus yang parah dapat menyebabkan nekrosis atau kematian jaringan.

Penyebab pasti dari penyakit ini masih belum diketahui secara pasti. Namun, hampir sebagian besar penderita penyakit Buerger adalah mereka yang mengonsumsi tembakau baik dalam bentuk rokok ataupun dikunyah. Selain itu, faktor genetik atau keturunan juga turut berperan, meskipun masih belum diketahui bagaimana mekanisme berkembangnya penyakit ini.

Penyakit Buerger paling banyak ditemukan di kawasan Asia dan Timur tengah, di mana mayoritas penderitanya adalah pria berusia 40 hingga 45 tahun yang mengonsumsi tembakau secara berlebihan. Namun, tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga menyerang wanita yang mengonsumsi tembakau.

Majalah Mens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI