Tampilkan di aplikasi

Ketika mimpi bisa diatur

Majalah Mens Obsession - Edisi 05/2018
21 Mei 2018

Majalah Mens Obsession - Edisi 05/2018

Seseorang bisa saja mengendalikan mimpi yang dialaminya asalkan ia ada pada kondisi lucid dream, yakni kondisi dimana saat seseorang sadar bahwa dia sedang bermimpi. / Foto : Istimewa

Mens Obsession
Mungkin ini kabar gembira bagi Anda yang sering bermimpi buruk dan ingin mengubahnya menjadi mimpi indah. Ya, sejumlah peneliti dari MIT (Massachusetts Institute of Technology) tengah merancang perangkat Dormio untuk mengeksplorasi cara-cara demi meningkatkan kreativitas seseorang melalui pemanfaatan tahap tidur Hypnagogia semi-lucid. Dormio sendiri diterangkan sebagai perangkat yang memungkinkan orang untuk mengontrol konten mimpi mereka.

Sistem ini bekerja dengan melacak keadaan transisi melalui biosignals, seperti denyut jantung dan tonus otot dengan menggunakan alat yang dikenakan di tangan. Pemakainya akan meninggalkan Hypnagogia dan bertransisi ke tidur nyenyak, sementara alat berupa robot ditaruh tak jauh dari tempat tidur sebagai pemicu dengan mengeluarkan suara untuk mendorong mereka kembali ke kondisi mimpi.

Misalnya suara yang digunakan untuk membangunkan orang itu adalah sebuah kata, maka suara itu dapat memasuki mimpi pemakai Dormio. Contohnya, jika robot mengatakan ‘garpu’ atau ‘kelinci’, mimpi itu akan menggabungkan objek-objek ini. Sayangnya, tidak dijelaskan kapan alat tersebut akan diperkenalkan kepada publik.

Sebenarnya, tanpa alat Dormio tersebut, seseorang bisa saja mengendalikan mimpi yang dialaminya asalkan ia ada pada kondisi lucid dream, yakni kondisi di mana saat seseorang sadar ia sedang bermimpi. Istilah lucid berasal dari bahasa Latin “lux”, artinya cahaya dan “dream”, artinya mimpi.

Dalam bahasa Indonesia lucid dream bisa diartikan sebagai “mimpi yang jelas” atau “mimpi cerah” atau “mimpi terang”. Intinya, lucid dream bisa membuat kita menjadi kreator dan pemeran utama dari sebuah mimpi yang bersifat infinity. Jadi, tidak perlu ilmu khusus atau kekuatan supranatural untuk melakukannya karena semua ini murni science dan logis.
Majalah Mens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI