The most expensive stamps

Majalah Mens Obsession - Edisi 06/2018
20 Juni 2018

Majalah Mens Obsession - Edisi 06/2018

Perangko. / Foto : Istimewa

Mens Obsession
Seiring kemajuan teknologi, sudah jarang orang yang berburu perangko. Kendati demikian, perangko tetap menjadi bagian dari sejarah manusia yang tentunya memiliki peran penting. Anda sendiri, apakah ada yang hobi filateli? Ternyata ada beberapa perangko yang dianggap primadona. Berikut ini perangko kuno dengan harga termahal dan menjadi incaran para kolektor:

1. British Guiana 1c Magenta. Dalam sebuah lelang pada tahun 2014, ‘British Guiana 1c Magenta’ terjual seharga USD9,5 juta atau setara Rp126,7 miliar. Harganya bisa mencekik itu lantaran cuma ada satu perangko seperti ini yang masih ada di dunia.

Perangko berbentuk segi delapan ini berasal dari Inggris dan pertama kali diproduksi pada 1856 dalam jumlah terbatas oleh Guyana Inggris. Dalam perangko ini menampilkan gambar kapal layar dengan kalimat ‘Damus Petimus Que Vicissim’ yang berarti kami memberi dan mengharapkannya sebagai balasan.

2. Treskilling Yellow. ‘Treskilling yellow’ dibuat tahun 1855. Pada tahun 1996, perangko ini terjual di sebuah lelang senilai USD2,3 juta atau setara Rp37 miliar. Lalu, tahun 2010, Perangko asal Swedia tersebut dijual lagi. Sayangnya harganya tidak dibocorkan ke publik. Perangko ini sangat terkenal karena kesalahan cetak. Harusnya berwarna biru, gara-gara salah cetak, ada beberapa di antaranya yang berwarna kuning. Sayangnya, saat ini tinggal satu perangko saja yang tersisa.

3. Mauritius ‘Post Office’. Perangko ini dibuat di Mauritius pada September 1847. Mauritius jadi negara jajahan Inggris. ‘Maurutius’ memiliki 2 tipe, yakni warna jingga-merah dan warna biru gelap. Ada kata “Post Office” di perangko itu, lalu diganti jadi “Post Paid” di seri berikutnya.

Majalah Mens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI