Fakta menarik negara paling bahagia di dunia

Majalah Mens Obsession - Edisi 07/2018
27 Juli 2018

Majalah Mens Obsession - Edisi 07/2018

Sejak januari 2017, 2.000 warga Finlandia khususnya yang berpenghasilan rendah dan menganggur mendapatkan uang saku dari pemerintah sebesar 560 Euro atau sekitar Rp 8,8 juta sebulan.

Mens Obsession
Beberapa waktu lalu, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) merilis index kebahagiaan dunia 2018. Negara yang paling bahagia di dunia diduduki Finlandia. Mereka menggolongkan berbagai kebahagiaan dengan sumber data dari Gallup World Poll. Ada enam indikator dalam menempatkan negara dalam tingkat kebahagiaan, yakni PDB per kapita, dukungan sosial, harapan hidup, kebebasan membuat pilihan, kemurahan hati, dan tingkat korupsi.

PBB menuturkan, Finlandia paling ramah terhadap para pendatang dan warga aslinya. Menggeser posisi Norwergia sebagai negara paling bahagia tahun 2017 lalu. Sebagai negara republik, Finlandia hanya memiliki 5,5 juta penduduk dengan Helsinki sebagai ibu kotanya. Mungkin sebagian besar dari Anda hanya tahu bahwa Finlandia adalah negara dengan model pendidikan terbaik, oleh karena itu Men’s Obsession akan mengulas fakta-fakta menarik lain tentang Finlandia!

1. Ramah Pendidikan. Hal itu bisa dilihat dari fasilitas yang dinikmati pelajar di Finlandia. Misalnya, kalau jarak rumahnya lebih dari 5 meter, mereka akan mendapat layanan taksi atau bus gratis. Di taksi tersebut terdapat tanda segi tiga di atapnya, sedangkan untuk bus ada tulisan “Koulukyyti/Skolskjuts”. Selain itu, mereka diwajibkan sekolah minimal 9 tahun mulai umur 7-16 tahun.

Dan setelah lulus dari bangku SMP bisa langsung kerja. Menariknya lagi, pendidikan tinggi di Finlandia gratis dan banyak beasiswa yang diberikan untuk menunjang biaya hidup. Di sana sekolah vokasi sangat diunggulkan. Jenuh sekolah? Tak usah khawatir karena tiap sudut pasti ada taman kota yang bisa dipakai nongkrong sembari membaca buku.

2. Ramah Masyarakat. Kalau Anda terbiasa dengan model “jam karet”, buang jauh-jauh saat di Finlandia. Betapa tidak? Masyarakatnya sangat disiplin! Selain itu, di sana kesadaran untuk menghargai satu sama lain sangat tinggi. Contohnya, tidak boleh memotong pembicaraan dan mereka terbiasa menjabat tangan atau saling tegur sapa kalau bertemu teman di jalan.

Majalah Mens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI