Sang saka merah putih, dari kerajaan untuk NKRI

Majalah Mens Obsession - Edisi 08
14 Agustus 2018

Majalah Mens Obsession - Edisi 08

Ketika memperingati hari lahirnya bangsa dan negara ini, tak sedikit dari sebagian masyarakat yang masih menganggap bendera Sang Saka lahir bersamaan dengan diproklamasikannya Republik Indonesia.

Mens Obsession
Ketika memperingati hari lahirnya bangsa dan negara ini, tak sedikit dari sebagian masyarakat yang masih menganggap bendera Sang Saka lahir bersamaan dengan diproklamasikannya Republik Indonesia. Karena dalam UUD 1945 pasal 35 ditetapkan bahwa bendera Negara Indonesia ialah Sang Merah Putih.

Dengan demikian, sejak ditetapkannya UUD 1945, Sang Merah Putih merupakan bendera kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tak salah, karena itu memang merupakan fakta dari bagian sistem ketatanegaraan kita.

Namun, ihwal bendera merah putih ini juga punya perjalanan sejarah sendiri yang mengalir hingga menjadi Sang Saka sekarang ini. Sementara sejumlah versi sejarah menyebut bendera itu sudah ada jauh sebelum Indonesia ada. Tepatnya ketika gugusan kepulauan yang dikenal sebagai Nusantara ini masih terbagi-bagi berdasarkan kerajaan.

Bendera dengan warna merah dan putih ini sejatinya memiliki usia yang jauh lebih tua dibandingkan dengan Negara Indonesia sendiri. Berdasar kajian dari Muhammad Yamin, ternyata bendera merah putih telah digunakan di wilayah Nusantara sejak 6000 tahun sebelum masehi.

Pada saat itu, masih menurut tulisan M. Yamin, penduduk zaman purba mulai masuk ke wilayah Indonesia dari Semenanjung Sumatera dan dari Filipina ke Sulawesi. Pada masa itu, masyarakat kuno memuja matahari dan bulan.

Matahari dilambangkan sebagai warna merah sedangkan bulan dilambangkan sebagai warna putih. Penghormatan terhadap simbol warna ini juga dilakukan di seluruh wilayah Austronesia. Pada masa prasejarah ini warna merah dan putih digunakan sebagai simbol pemujaan.

Majalah Mens Obsession dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI