Tampilkan di aplikasi

Kenali kanker darah

Majalah Mens Obsession - Edisi 03/2019
26 Maret 2019

Majalah Mens Obsession - Edisi 03/2019

Kanker darah atau leukemia kembali ramai diperbincangkan. / Foto : Istimewa

Mens Obsession
Perlu diketahui darah terdiri dari tiga tipe sel dengan fungsi berbeda, yaitu sel darah putih untuk melawan infeksi, sel darah merah untuk membawa oksigen, dan trombosit untuk membantu penggumpalan darah. Sel-sel darah ini akan diproduksi setiap hari di sumsum tulang belakang. Umumnya, jumlah sel yang lebih banyak diproduksi adalah sel darah merah.

Namun, pengidap leukemia justru lebih banyak memproduksi sel darah putih sehingga terjadi penumpukan dalam sumsum tulang belakang. Penumpukan sel darah putih bukan hanya membuat sel-sel darah yang sehat berkurang, melainkan juga bisa berdampak pada terganggunya fungsi tubuh dalam melawan infeksi. Bahkan, kelebihan sel darah putih ini juga bisa memengaruhi proses penggumpalan darah dan suplai oksigen dalam tubuh.

Penyebab munculnya kanker darah bisa beragam, ada yang faktor genetik dan terkena virus. Untuk faktor genetik, biasanya jika ada anggota keluarga dekat memiliki riwayat penyakit ini maka bisa jadi Anda pun akan beresiko memilikinya. Namun tidak hanya itu saja penyebabnya, ada pula faktor lainnya mulai dari gaya hidup yang tak sehat, kerap tepapar bahan kimia berbahaya, paparan radiasi, dan yang paling sering adalah terinfeksi oleh virus tertentu.

Maka dari itu, sebelum kanker darah ini berkembang, Anda perlu mewaspadai setiap perubahan tubuh yang Anda alami untuk membantu mendeteksi penyakit ini. Pasalnya, lebih cepat mendeteksi gejala kanker maka semakin cepat Anda mendapatkan pengobatan sehingga peluang kesembuhannya juga kian tinggi. Gejala awal yang terjadi biasanya adalah darah sulit membeku, kanker darah terjadi karena sel-sel kanker menyerang trombosit darah yang penting untuk proses pembekuan darah. Hal ini yang membuat pengidap kanker darah sering mengalami pendarahan.
Majalah Mens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI