Tampilkan di aplikasi

Digitalisasi mengubah wajah baru AP II

Majalah Mens Obsession - Edisi 04/2019
26 April 2019

Majalah Mens Obsession - Edisi 04/2019

Pengelolaan bandara di Indonesia yang dilakukan PT Angkasa Pura II (AP II) patut diacungi jempol. / Foto : Istimewa

Mens Obsession
Pengelolaan bandara di Indonesia yang dilakukan PT Angkasa Pura II (AP II) patut diacungi jempol. Dengan sistem tata kelola yang baik, perusahaan plat merah ini mampu menunjukan performa yang bagus, baik dari sisi kualitas pelayanan, infrastruktur, dan juga pendapatan perusahaan. Kinerja positif AP II turut dirasakan pihak luar dengan beragam apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan. Misalnya, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten yang masuk sebagai salah satu bandara terbaik di dunia.

Suksesnya Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai salah satu bandara terbaik di dunia tentu tidak lepas dari kepiawaian AP II dalam mengelola bandara tersebut sehingga terus maju melambung tinggi. Digitalisasi menjadi kunci utama bagi AP II untuk menciptakan jaminan keamanan dan layanan dari seluruh bandara yang dikelola. Digitalisasi bandara memungkinkan layanan penumpang secara digital mulai dari check in, penempatan bagasi, hingga boarding yang semuanya dapat dilakukan secara mandiri dengan seamless digital journey experience. Sistem ini mengadaptasi Terminal 4 Bandara Changi Singapura.

Di seluruh area Bandara Internasional Soekarno-Hatta baik terminal 1, 2, dan 3 sudah bisa menggunakan self boarding gate karena sudah ada self check in dan baggage drop. Tidak hanya di Soekarno-Hatta, sistem itu juga akan diterapkan di bandarabandara yang dikelola AP II, seperti di Bandara Banyuwangi karena dinilai cukup representatif meski merupakan bandara kecil.

Dengan fasilitas self check in, face biometric, self baggage drop, hingga self boarding pemindaian sidik jari dan wajah penumpang dapat langsung masuk pesawat tanpa harus melewati proses penyobekan boarding secara manual. Pada tahun 2019 ini, AP II serius mengembangkan transformasi digital pada sejumlah bandara yang dikelolanya dengan menyiapkan anggaran belanja modal sebesar Rp500 miliar.
Majalah Mens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI