Tampilkan di aplikasi

Pembunuh bernama plastik

Majalah Mens Obsession - Edisi 06/2019
24 Juni 2019

Majalah Mens Obsession - Edisi 06/2019

Tak cuma penghuni laut yang, sejumlah Ilmuwan bahkan pernah menemukan sampah plastik memenuhi perut burung penggunting-laut sehingga memengaruhi kemampuan mereka terbang. / Foto : Istimewa

Mens Obsession
Sekelompok aktivis lingkungan dari Sunshine Coast Clean Up Divers (SCCUD) kaget bukan kepalang ketika menyelam ke dasar perairan di Pantai Bulcock, Caloundra, sekitar 93 km dari ibukota Queensland, Brisbane, menemukan kantong plastik bekas pembungkus ayam goreng KFC yang usianya diperkirakan 30 sampai 40 tahun.

Itu diketahui setelah salah seorang relawan, Elliot Peters mengirimkan foto temuan mereka itu ke kantor pusat KFC dan perusahaan itu memperkirakan kantong plastik tersebut berusia 30-40 tahun yang ditandai dari logo yang ada.

“Jadi kemungkinan kantong itu sudah lama di sana, entah sebelumnya di bawah permukaan air atau tidak. Padahal ini sebuah kantong plastik yang tidak terlalu tebal, dan masih bisa dilihat dengan jelas bentuknya, tapi sudah berusia 40 tahun.” kata Peters.

Sebelumnya, para peneliti dari University of the Sunshine Coast barubaru ini menemukan kantong plastik dari supermarket Coles dari tahun 1971 yang ditemukan di hutan bakau di Moreton Bay kawasan sekitar 50 km dari Brisbane.

Mereka juga menemukan kantong plastik dari supermarket Woolworth, dan kaleng minuman sarsaparilla, yang masing-masing diperkirakan sudah berusia lebih dari 30 tahun, di Hervey Bay.

Di Amerika, seorang penjelajah menemukan kantong plastik di dasar laut selagi memecahkan rekor penyelaman terdalam. Adalah Victor Vescovo yang turun sejauh hampir 11 kilometer ke lokasi terdalam di lautan, yaitu Palung Mariana di Samudera Pasifik.

Setelah menghabiskan empat jam menjelajah dasar palung dengan menumpang kapal selam yang dirancang untuk menahan tekanan laut dalam, dia tak hanya menemukan sejumlah makhluk laut, tapi juga kantong plastik dan bungkus permen. Padahal, Ini adalah kali ketiga manusia mampu mencapai kedalaman ekstrem di laut.
Majalah Mens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI