Tampilkan di aplikasi

Meningkatkan produktivitas UMKM melalui literasi

Majalah Mens Obsession - Edisi 212
29 September 2021

Majalah Mens Obsession - Edisi 212

UMKM

Mens Obsession
Masa pandemi yang sudah berjalan hampir dua tahun telah mengakibatkan perubahan sikap manusia. Terjadinya perubahan besar-besaran tidak hanya pada perilaku dalam menjaga kesehatan, tetapi juga berdampak terhadap kegiatan sosial, pendidikan, perekonomian dan literasi. Literasi yang banyak ditampilkan di masa pandemi adalah seputar kesehatan, menjaga diri dari pandemi, dan bagaimana perekonomian dapat bertahan di masa krisis akibat pandemi. Dalam hal perdagangan, perubahan literasi dan perilaku yang terjadi diantara penjual dan pembeli yang biasanya berinteraksi secara langsung (offline) berubah menjadi lewat daring (online).

Hal ini sebagai akibat diterapkannya kebijakan PPKM yang membatasi manusia untuk berinteraksi secara langsung. Akan tetapi hakekat manusia sebagai makhluk sosial, zoon politicon atau yang dikodratkan untuk hidup bermasyarakat dan berinteraksi satu sama lain tetap mendorong manusia untuk berinteraksi dan dengan kemudahan teknologi, manusia tetap dapat bersosialisasi melalui daring untuk bercakap-cakap atau dengan tulisan dalam bentuk Whatsapp, Email, Twitter, Facebook, dan sebagainya.

Pandemi mengakibatkan terjadinya disrupsi, yaitu terjadinya perubahan besar-besaran yang disebabkan oleh adanya inovasi yang mengubah sistem dan tatanan bisnis ke arah yang lebih baru; dorongan perubahan mengakibatkan terjadinya transformasi digital. Dalam konteks perdagangan, jual beli secara online telah menghilangkan sebagian peran dari panca indra manusia seperti indra penciuman, indra peraba, dan indra perasa.

Dengan pasar digital pembeli hanya dapat mengandalkan indra penglihatan untuk melihat tampilan suatu produk dan tentunya hal tersebut tidaklah cukup; tampilan gambar harus diperkuat dengan narasi yang dapat lebih memberikan penjelasan pada produk yang ditampilkan tersebut.
Majalah Mens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI