Tampilkan di aplikasi

Lindungi data dari stalkerware

Majalah Mens Obsession - Edisi 221
31 Mei 2022

Majalah Mens Obsession - Edisi 221

Smartphone

Mens Obsession
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, perkembangan virus-virus ternyata juga semakin beragam dan mengancam keselamatan perangkat gadget. Di antara banyaknya virus yang bermunculan, kini pengguna smartphone diteror kembali oleh kehadiran sebuah virus bernama Stalkerware.

Stalkerware merupakan jenis malware yang akan merekam semua data yang dimasukkan oleh korban, dan mengirimkannya ke pihak ketiga. Stalkerware memungkinkan alat untuk memantau kehidupan pribadi orang lain secara diital melalui perangkat seluler tanpa persetujuan korban. Hasil survei mengungkap bahwa 70% responden menganggap pemantauan tanpa persetujuan merupakan hal yang tak bisa diterima. Sisanya, yaitu 30% menganggap hal tersebut merupakan hal yang wajar jika dihadapkan dengan situasi tertentu Stalkerware terus memakan korban di seluruh penjuru dunia. Kaspersky telah mengidentifikasi pengguna yang terpengaruh di lebih dari 185 negara dan wilayah, dengan Rusia, Brasil, Amerika Serikat, dan India kembali menjadi empat negara teratas dengan jumlah pengguna unik terbesar yang teridentifikasi. Jerman adalah satu-satunya negara di benua Eropa dalam 10 negara yang terkena dampak paling besar.

Perusahaan cybersecurity global Kaspersky membagikan tips untuk melindungi diri Anda dari stalkerware:

1. Tetapkan kata sandi alfanumerik yang kompleks minimal delapan karakter di telepon Anda. Jangan berikan kepada siapa pun. Ubah kata sandi Anda secara teratur. Misalnya setiap beberapa bulan.

2. Berhati-hatilah dengan siapa yang memiliki akses fisik ke telepon Anda. Berikan pengawasan sewaspada mungkin.

3. Unduh aplikasi hanya dari toko resmi. Selalu perhatikan komentar, peringkat atau rating, dan fungsi aplikasi.

4. Instal perangkat lunak keamanan yang dapat dipercaya pada perangkat Anda. Pastikan solusi keamanan yang Anda pilih dapat mendeteksi stalkerware. Misalnya, Kaspersky mobile antivirus yang dapat melakukan hal tersebut.
Baca selengkapnya di edisi ini

INTERAKTIF
Selengkapnya
DARI EDISI INI