Waspadai radang telinga tengah pada anak

Majalah Money&I - Edisi 103
10 September 2018

Majalah Money&I - Edisi 103

Pernahkah anak anda rewel sembari memegang atau menarik-narik daun telinga? Terdapat kemungkinan buah hati anda mengalami peradangan pada telinga tengahnya.

Money&I
Pernahkah anak anda rewel sembari memegang atau menarik-narik daun telinganya? Atau pada anak yang usianya lebih besar, mengeluhkan telinganya sakit hingga tidak dapat tidur di malam hari, bahkan mengeluhkan daya dengarnya berkurang? atau adanya cairan yang keluar dari telinga anak, setelah sebelumnya ia mengalami batuk, pilek, nyeri tenggorok, maupun demam? Bila hal-hal tersebut terjadi, terdapat kemungkinan buah hati anda mengalami peradangan pada telinga tengahnya.

Apakah yang dimaksud dengan radang telinga tengah? Radang telinga tengah merupakan keluhan telinga pada anak yang sering dijumpai pada praktik dokter sehari-hari. Radang telinga tengah merujuk pada suatu proses infeksi atau peradangan pada telinga bagian tengah. Dalam dunia medis, penyakit ini disebut sebagai otitis media, dan pada masyarakat awam dikenal dengan sebutan congek/curek.

Radang telinga tengah dapat dialami baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Namun dari berbagai data penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa angka kejadian penyakit ini tinggi pada masa kanak-kanak. Radang telinga tengah disebut sebagai penyakit kedua yang paling sering diderita anak usia balita setelah batuk dan pilek.

Radang telinga tengah sendiri terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan durasi perjalanan penyakit, yakni radang telinga tengah akut dan kronis. Beberapa faktor penyebab mengapa hal ini dapat terjadi adalah penanganan terapi yang terlambat atau tidak efektif, daya serang kuman penyebab yang tinggi, daya tahan tubuh penderita yang rendah, ataupun kebiasaan buruk yang dilakukan.

Majalah Money&I dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI